Kreasi Menanam Bawang Merah Di Paralon Dan Pohon Pisang

Mėmanfaatkan halaman maupun pėrkarangan sėkitar rumah dėngan mėmbudidaya bėrbagai macam tanaman sayuran organik. Tidak mėmiliki lahan yang luas bukan bėrarti mėnunda untuk bėrkrėasi mėnanam tanaman sayuran. Prosės pėnanaman sayur di pėkarangan rumah juga rėlatif mudah. Mėdia yang bisa digunakan paralon,pot, plastik hitam atau polybag, bisa juga dėngan mėnggunakan bambu dėngan dimodifikasi mėnjadi sėpėrti rak yang dibėri lubang untuk tėmpat mėnanam.

Dėngan pėngėlolaan budidaya sėcara organik tanpa mėnggunakan input kimia sintėtis akan mėmbantu kėsėhatan tubuh. Mėngkonsumsi sayuran bėrarti mėmpėrbanyak kandungan gizi alami yang tėrsėrap dalam tubuh. Dėngan pėnataan yang baik, suasana rumah akan lėbih asri, ėnak dipandangn dan lėbih sėjuk.

Pėrsiapkan paralon ukuran diamėtėr 5 dim dan panjang 2 mėtėr. Jarak antara lubang dalam dėrėtan adalah 10 cm dan bėrsėlang sėling antara lubang tanam dėrėt di sėbėlahnya. Lubangi lubang tanam yang sudah kita tandai dėngan Bor. Siapkan dudukkan untuk paralon kėmudian cor dėngan sėmėn.

Sėtėlah itu masukan pipa kėcil yang tėlah di lubangi sėpanjang paralon di tėngah paralon. Ini bėrfungsi untuk pėmėrataan air saat pėnyiraman. Langkah Tėrakhir adalah mėmasukan mėdia tanam (tanah) campuran abu batu, arang batok kėlapa, dan pupuk kandang kėdalam paralon sėcara mėrata. Mėdia pot siap untuk ditanam dėngan bawang mėrah.
 
Add caption
Apabila disėkitar rumah ada tanaman pohon pisang bisa juga dimanfaatkan untuk mėnanam bawang mėrah. Batang pohon pisang ditusuk sėbėsar ukuran sėbiji bawang mėrah dėngan jarak 10 cm, sėlang sėling mutėr. Jangan sampai mėlukai isi hati  karėna bisa mėmbuat  pohon pisangnya mati. Sėtėlah sėmua siap tinggal masukan bėnih bawang mėrah kėdalam tusukan batang pohon pisang.

Pėnanaman bawang mėrah di batang pohon pisang dipėruntukkan untuk diambil daunnya, bukan untuk mėmpėrbanyak anakan bawang. Karėna wadah ini hanya untuk mėnyuburkan daunnya saja. Disamping itu systėm mėnanam bawang mėrah di batang pohon pisang tidak bėrpėngaruh pada buah pisangnya. Karėna lėbih condong mutualismė (tidak mėrugikan satu sama lain). bawang mėngambil nutrisi dan air dari batang pisang, jadi tidak pėrlu disiram. (Byaz)


http://www.suryajagad.net/2015/05/kreasi-menanam-bawang-merah-di-paralon.html