WAJIB TAU! Ini Bukanlah Daki Tapi Bisa Jadi Sebuah Pertanda Penyakit Yang Serius!!


Pertanda Penyakit Yang Serius - Anda pėrnah bėrdiri dibėlakang sėorang pria yang gėmuk sėrta mėlihat bagian lėhėrnya tėrlihat kotor sėolah ada daki mėnėmpėl yang tėlah lama sėrta sulit di hilangkan hingga mėmbuat anda mėngėryitkan dahi karėna mėrasa jorok? bila bėlum pėrnah sėsudah baca ini saya harap anda bakal lėbih pėduli dėngan orang yang mėmiliki kondisi dėmikian. Saya harap anda dapat mėmbėrikam ėdukasi pada mėrėka untuk lėbih mėnjaga kėsėhatan dėngan pola/gaya hidup sėhat.
Pertanda Penyakit Yang Serius
Pertanda Penyakit Yang Serius

Kenapa saya menyampaikan anda harus lebih peduli pada kesehatan mereka? karena apa yang kita lihat seperti daki tersebut mungkin saja tanpa mereka sadari yaitu satu tanda bahaya untuk kesehatan seseorang. Kondisi demikian terlihat sepele tetapi memberikan arti besar untuk upaya pencegahan sebuah penyakit yang lebih parah dimasa depan.

Tanda apakah sesungguhnya yang saya maksudkan hingga kita harus waspada serta berhati-hati dengan keadaan tersebut? susunan kulit seperti daki yang ada di leher sisi belakang atau terkadang berada di ketiak disebut sebagai acanthosis nigricans. Beberapa diantara anda mungkin pernah mendengar, tetapi saya yakin masih banyak yang belum tahu tanda penting pada kulit manusia ini.
 Acanthosis nigricans adalah kelainan pada kulit yang bentuknya menyerupai beludru berwarna coklat muda sampai hitam serta menyerupai daki. Tanda ini bisa muncul di daerah-daerah leher, ketiak, selangkangan, serta dibawah payudara.
Penyebab yang pasti hingga sekarang belum diketahui dengan pasti tetapi menurut beberapa riset terkait dengan keadaan resistensi insulin yang mengakibatkan proliferasi epidermis kulit serta mengakibatkan pembentukan keratinosit pada lapisan kulit bagian luar.
 Nigricans Acanthosis bisa menunjukkan keadaan medis tertentu. Pada sebagian orang acanthosis nigricans merupakan bawaan lahir. Sebagian besar berlangsung juga sebagai akibat dari obesitas/kegemukan atau kelainan pada kelenjar endokrin. Nigricans Acanthosis juga sering dikaitkan dengan tanda-tanda pre-diabetes atau diabetes.
Keadaan lain yang mungkin saja bisa menjadi faktor penyebab dari Nigricans Acanthosis adalah :
  • Penyakit Addison yaitu suatu kondisi yang dikarenakan oleh kekurangan ho**on dari kelenjar adrenal.
  • Gangguan kelenjar hipofisis didalam otak
  • Hypothyroidism (rendahnya tingkat ho**on tiroid yang dikarenakan oleh penurunan kesibukan kelenjar tiroid)
  • Kontrasepsi ho***nal oral

Kebanyakan orang dengan nigricans acanthosis mempunyai tingkat insulin yang lebih tinggi dari pada beberapa orang dengan berat badan yang sama namun tak mempunyai acanthosis nigricans. Hal semacam ini juga dipicu oleh karena pola makan yang kurang baik dari si penderita terutama makanan yang terlalu tinggi Gula/glukosa.

Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa kegemukan merupakan salah satu faktor kemungkinan tinggi pemicu seorang alami penyakit Diabetes. Jadi bisa dipastikan untuk seseorang yang mengalami kegemukan serta memiliki tanda acanthosis nigricans bakal memiliki resiko lebih tinggi lagi untuk alami penyakit Diabetes, apa lagi bila ditambah riwayat keluarga (ayah/Ibu) dengan penyakit yang sama.

Tidak hanya pada orang dewasa, resiko Diabetes akan meningkat bila tanda acanthosis nigricans ada pada anak-anak yang sudah alami obesitas mulai sejak awal. Tersebut pentingnya orangtua untuk tidak lagi berpikiran anak gemuk itu lucu atau gemesin namun tanpa ada disadari dibalik itu semua ada beragam potensi penyakit berbahaya yang bisa ditimbulkan dikemudian hari.

Begitu mematikan penyakit Diabetes bila tak ditangani dengan baik. Oleh karena itu bila anda atau keluarga mempunyai tanda seperti yang sebut diatas sebaiknya mulai saat ini saat anda membaca tulisan saya ini untuk lebih peduli terhadap kesehatan anda/keluarga anda. Apa plan yang perlu segera dilakukan? Bila anda kegemukan bersegeralah untuk diet, jika anda mempunyai resiko besar untuk terkena diabetes mulailah untuk menjaga pola makan.

Paling akhir untuk aanda yang mempunyai tanda diatas saya sarankan untuk lakukan medical check up teratur terlebih untuk yang usianya di atas 35 th. keatas. Lakukan pemeriksaan rutin setidaknya 6 bln. sekali untuk memastikan keadaan kesehatan anda pada dokter. Janganlah tunggu datangnya sakit baru periksa, lakukan pencegahan karena kita manusia tidak pernah tahu sampai kapan kita terus bakal selalu dalam kondisi sehat,

Salam sehat,

Artikel via : dr. Wahyu Triasmara