Info Menarik Seputar Tips dan Inspirasi

Fakta Tentang Penyakit Lupus Yang Tidak Banyak Orang Ketahui

Artikel terkait : Fakta Tentang Penyakit Lupus Yang Tidak Banyak Orang Ketahui

Fakta Tentang Penyakit Lupus - Mungkin hanya sėdikit orang yang tahu tėntang pėnyakit lupus. Pėnyakit auotimun ini mėmang ėnggak banyak diangkat olėh mėdia. Tapi, masih ingatkah kamu dėngan bėbėrapa publik figur intėrnasional yang tėrkėna lupus, sėpėrti Sėlėna Gomėz, Kristėn Johnston, Toni Braxton, Shannon Boxx, dan Nick Cannon? Tėrnyata, orang biasa pun banyak yang tėrkėna lupus.
Fakta Tentang Penyakit Lupus
Fakta Tentang Penyakit Lupus
Lupus merupakan autoimun kronis yang dapat merusak bagian tubuh manapun. Ketika seseorang menderita lupus, sistem kekebalan tubuh mereka tidak bisa membedakan antara 'penjajah asing' dan sel-sel tubuh sendiri. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh menghancurkan jaringan yang sehat. Menurut data dari Lupus Foundation of America, 1,5 miliar orang di Amerika Serikat menderita lupus. Menurut mereka, orang keturunan Asia, Afrika, dan penduduk asli Amerika punya kemungkinan besar untuk mengembangkan penyakit ini dibandingkan dengan ras kaukasia. Buat kamu yang mungkin belum terlalu paham dengan penyakit ini, Bang Neo kali ini akan membahas tujuh fakta tentang penyakit lupus.

Penyakit ini punya banyak gejala.

Karena lupus bisa menyerang bagian tubuh manapun, orang yang terkena lupus akan mengalami berbagai gejala. Banyak orang yang menderita lupus pada awalnya mengalami sakit kepala, nyeri otot, dan lainnya. Tapi, bedanya dengan penyakit lain adalah kamu akan mengalami sakit yang dahsyat. Tapi ada juga gejala lain yang khas dari penyakit ini; ruam berbentuk kupu-kupu pada tulang hidung. Ruam ini menjadi tanda yang paling jelas, meskipun enggak semua orang yang terkena lupus punya tanda ini.
Membutuhkan waktu yang lama sampai seseorang didiagnosa menderita lupus. Kamu mungkin akan terkejut, karena waktu yang dibutuhkan untuk mendiagnosa sangat lama. Kebanyakan, para dokter membutuhkan waktu lima tahun untuk mendiagnosa pasien lupus! Hal ini disebabkan karena banyaknya ragam gejala lupus.

Lupus bisa menyerang beberapa sistem tubuh.

Ini juga keunikan yang dimiliki penyakit autoimun. Lupus ternyata bisa menyerang beberapa sistem tubuh. Meskipun begitu, ada beberapa bagian tubuh yang paling banyak diserang penyakit ini; peradangan pada jantung dan paru-paru. Selain itu ginjal juga sering jadi sasaran empuk untuk diserang penyakit ini. Lupus yang menyeranbg ginjal dinamakan dengan lupus nefritis, yang menyebabkan ginjal jadi meeradang dan tidak bisa mencuci darahmu dengan baik. Ternyata, lupus juga bisa menyerang kulit. Sistem tubuh lainnya yang juga bisa diserang lupus adalah sistem saraf, sistem reproduksi, sistem muskuloskeletal, dan sistem pencernaan.

Obat yang digunakan harus kuat.

Penyakit ini sangat kuat sehingga untuk menyembuhkannya juga perlu obat yang lebih kuat. Sehingga, obat tersebut juga bisa menimbulkan efek samping yang luar biasa. Salah satu obat yang digunakan bekerja dengan cara yang berbeda dengan obat biasa. Obat ini fungsinya menghentikan sistem kekebalan tubuh yang menyerang tubuh. Tapi obat ini juga akan memberikan risiko yang tinggi, bahkan bisa menimbulkan kanker.

Pasien harus melakukan diet khusus.

Hal yang sering sekali dilupakan orang lain adalah faktor penyebab. Beberapa bahan makanan ternyata justru bisa menjadi pemicu penyakit ini kambuh. Pasien lupus harus menghindari kecambah alfalfa karena mengandung jumlah asam amino l-canavanine, yang bisa memicu untuk memicu lupus. Beberapa dokter juga menyarankan pasien menghindari jamur dan bawang putih, yang telah memicu lupus pada beberapa pasien.

Sinar matahari ternyata juga bisa menjadi masalah. Kebanyakan, pasien lupus harus menghindari sinar matahari. Ketika mereka terkena matahari mereka menjadi fotosensitif, yang menghasilkan ruam pada kulit, nyeri sendi, dan melemahnya tubuh. Mereka biasanya mengatasinya dengan menggunakan topi dan tabir surya.

Kebanyakan pasien lupus adalah wanita.

Meskipun lupus adalah penyakit yang jarang, tapi 90% dari pasien lupus adalah wanita. Belum ada penjelasan yang berdasarkan penelitian valid, tentang alasan kenapa wanita lebih banyak menderita penyakit ini.

Nah, itu dia tujuh fakta tentang lupus yang mungkin belum kamu ketahui. Penderita lupus jika dibandingkan dengan pasien penyakit lain, jumlahnya memang enggak terlalu banyak. Tapi, kalau kamu melihat sekitar, banyak juga artis dan orang biasa yang menderita penyakit ini. Kalau kamu punya orang terdekat yang menderita penyakit ini, enggak usah takut dan lakukanlah diet yang disarankan oleh dokter.

Hingga saat ini obat untuk menyembuhkan lupus memang masih dikembangkan. Lupus menyebabkan peradangan parah yang bisa terjadi pada semua bagian dalam dan organ tubuh. Bahkan lupus bisa menyebabkan beberapa masalah infeksi yang parah, kanker, komplikasi kehamilan dan kematian jaringan pada bagian tulang. Jadi lupus memang sangat penting untuk diwaspadai dan saat mengenali gejala awal maka harus segera mendapatkan bantuan medis.

Sumber: http://tipsbangneo.blogspot.com/2016/08/fakta-tentang-penyakit-lupus-yang-tidak.html

Artikel Tips dan Inspirasi Lainnya :

Copyright © 2015 Tips dan Inspirasi | Design by Bamz