Cara Membuat Pupuk Organik Perangsang Akar dengan menggunakan Bahan yang berada di Sekitar Kita, Mudah dan Murah

Cara Membuat Pupuk Organik Perangsang Akar - Akar mėrupakan bagian tanaman yang mėmiliki fungsi utama mėnyėrap bėrbagai macam unsur hara yang tėrdapat dalam tanah , Pėrakaran yang baik adalah syarat utama untuk mėnjamin kėsėhatan sėmua jėnis tanaman. Faktor penting dalam meraih kesuksesan budidaya secara organik baik itu tanaman pangan atau pembudidayaan tanaman hias yang harus di perhatikan adalah baiknya pertumbuhan akar.
Cara Membuat Pupuk Organik Perangsang Akar
Cara Membuat Pupuk Organik Perangsang Akar
Pupuk Organik Perangsang Akar tanaman

Jika menggunakan pupuk kimia untuk merangsang pertumbuhan akar , telah banyak produk-produk yang tersedia di pasaran – Akan tetapi efek buruk jangka panjang terhadap kesuburan tanah perlu juga di perhatikan ! . Selain itu menggunakan pupuk perangsang akar kimia membutuhkan cost tinggi (MAHAL)  , berbeda dengan memanfaatkan bahan-bahan organik untuk diolah menjadi perangsang akar. Biaya yang diperlukan untuk membuat cukup murah – Serta bahan baku yang sangat melimpah di sekitar kita.

Nah untuk alasan menekan biaya dalam budidaya pertanian , maka solusi yang murah adalah kembali ke alam , ini karena alam telah menyediakan bahan baku gratis untuk petani yang mengaplikasikan pertanian cara organik. Caranya membuat pupuk perangsang akar menggunakan bahan organik juga sangat mudah , semua orang dapat melakukan-nya.

Pada kesempatan kali ini Blog Cara Budidaya Organik akan menguaraikan langkah dan cara membuat pupuk perangsang akar yang murah. Untuk mengetahui lebih jelas tentang bahan-bahan serta langkah pengolahan pupuk cair organik perangsang akar silahkan simak secara rinci di bawah ini.

Bahan Pupuk Cair Organik Perangsang Akar

Semua bahan-bahan untuk pembuatan pupuk cair perangsang akar, adalah murni memanfaatkan limbah organik yang terbuang di sekitar kita. Adapun bahan yang perlu di siapkan adalah sebgai berikut :

    1 – Air cucian beras yang pertama ( air leri )   2 liter 
    2 – Air kelapa tua ( muda juga boleh ) 2 liter , 
    3 –  Rebung bambu  5 kg
     4 – Bonggol Pisang 5 Kg ,  
    5 – Molase ( tetes tebu ) jika kesulitan menggunakan gula juga boleh 20% dari total bahan

Cara Pembuatan Pupuk Cair Organik Perangsang Akar

Cara mengolah ke-semua bahan menjadi pupuk perangsang akar tidaklah begitu sulit , caranya adalah bonggol pisang dan rebung bambu dihancurkan dengan cara ditumbuk atau menggunakan blender sampai benar-benar halus. Langkah berikutnya adalah mencampurkan bubur bonggol pisang + rebung bambu dengan Air cucian beras (air  leri ) , Air kelapa dan Molase ( tetes tebu ) kemudian di aduk hingga tercampur dengan rata.

Setelah ke-semua bahan yang sudah di campur siap , Masukkan campuran tadi ke dalam jerigen bersih dengan menggunakan sistem aerob ( pada tutup botol di beri lubang untuk memasukkan selang sebagai proses aerobnya ). sistem aerob  adalah Ujung selang yang satu masuk pada jerigen bersih yang telah di isi semua bahan pupuk cair organik perangsang akar dan ujung satunya masuk ke botol yang telah di isi dengan air.

Cara Membuat Pupuk Organik Perangsang Akar

Proses fermentasi atau penguraian oleh mikroba alami ini dibiarkan lebih kurang 2 minggu , pada saat fermentasi berjalan sebaiknya jerigen di goyang atau di kocok tiap hari 1 kali.
Ciri-ciri Pupuk Cair Organik Perangsang Akar Yang telah jadi

Untuk mengetahui proses fermentasi pupuk organik cair buatan anda telah selesai atau pupuk cair telah jadi , tanda-tandanya adalah terjadinya perubahan bau pupuk cair yang mirip tapai ” bukan bau yang tidak sedap” . Jika terjadi perubahan bau yang kurang sedap pada pupuk cair setelah 2 minggu , berarti proses pembuatan mengalami kegagalan atau mungkin ada selang yang bocor .
Cara Aplikasi Pupuk Cair Organik Perangsang Akar

Aplikasi pupuk cair ini tidak boleh diberikan ( semprot / siram ) secara langsung  terhadap tanaman , jika diberikan secara langsung dapat berakibat over dosis atau tanaman malah mati . Meskipun organik ia perlu di campur dengan air dengan dosis atau takaran rata-rata  1 : 48 ( pupuk cair organik perangsang akar 1 liter : air 48 liter ) sesuaikan dengan kondisi tanaman .

TIPS: Aplikasi Pupuk organik Cair untuk tanaman dapat menggunakan semprot atau siram dengan interval 7 hari sekali  untuk hasil yang maksimal.

Nah , demikian ulasan tentang cara membuat pupuk cair organik perangsang akar , Apakah anda tertarik untuk berbudidaya dengan pola organik ?? . Semoga membawa manfaat untuk anda , SALAM sukses !!.


http://www.organikilo.co/2014/11/cara-membuat-pupuk-organik-perangsang.html