Cara Menanam Semangka Dalam Polybag

Cara Menanam Semangka Dalam Polybag - Semangka, buah yang masih satu kerabat dengan jenis labu ini, memiliki rasa yang manis dan segar untuk dinikmati. Apalagi jika dinikmati kala matahari tengah terik-teriknya. Tidak hanya enak, buah yang mempunyai kulit keras ini juga bermanfaat dalam kecantikan, seperti untuk mencerahkan kulit. Mungkin anda ingin menanambnya sendiri?. Anda bisa menanamnya di pekarangan rumah menggunakan polybag. Jika ingin mencoba menanamnya sendiri di sekitar rumah, simak penjelasan berikut ini tentang cara menanam semangka dalam polybag :
Cara Menanam Semangka Dalam Polybag
Cara Menanam Semangka Dalam Polybag
Cara Menanam Semangka Dalam Polybag  yang pertama yaitu menyediakan bahan dan alat, yaitu :
  • Bibit semangka
  • Tanah berhumus
  • Pupuk kompos
  • Pupuk kandang
  • Tampah
  • Gunting
  • Sekop
  • Polybag
  • Tongkat peyangga
  • Air
Langkah-langkah Cara Menanam Semangka Dalam Polybag :
Cara paling pertama yang harus anda lakukan yaitu memilih bakal bibit yang baik. Sebagai bakal bibit untuk tanaman semangka adalah menggunakan bijinya.  Pilihlah biji semangka yang berasal dari buah tua dan sudah benar-benar matang. Hal ini juga berlaku pada  penanaman jenis buah-lainnya yang menggunakan bibit dari biji buah. Perhatikan juga buah indukkan, pilihlah yang mempunyai ukuran besar dengan sempurna dan kondisinya sehat.
Cara Menanam Semangka Dalam Polybag
Cara Menanam Semangka Dalam Polybag
Kemudian biji yang sudah dipisahkan dari bakal buah dikumpulkan pada tampah atau atau wadah yang lainnya untuk diangin-anginkan. Penggunaan tampah dianjurkan dalam langkah ini, gunanya agar kandungan air di dalam biji semangka cepat berkurang.

Cara Menanam Semangka Dalam Polybag Yang Selanjutnya Yaitu Pemilihan Polybag
Faktor kelembaban pada media tanam sangat penting, ini karena bisa membantu dalam perkembangan buah yang dihasilkan dapat dengan sempurna. Pilihlah polybag dengan ukuran yang kira-kira cukup untuk menopang tanaman dari semangka. Beri lubang pada bagian dasar polybag.
 
Cara Cara Menanam Semangka Dalam Polybag Dalam Membuat Media Tanam
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, media tanam pada pohon semangka diperlukan tanah yang subur juga gembur. Untuk memenuhi itu, bisa dengan memakai tanah dari kebun yang kemudian dicampur pupuk kandang, pasir dan pupuk kompos. Kemudian aduk hingga semua bahan tercampur rata. Media tanam yang sudah siap tersebut sedikit demi sedikit dimasukkan ke dalam polybag. Namun, media tanam ini tidak bisa langsung digunakan, perlu menunggu waktu sekitar satu minggu agar kondisi tanah kembali normal.

Langkah Cara Menanam Semangka Dalam Polybag Dalam Pembibitan
Tahap selanjutnya yaitu penyemaian bibit pada polybag. Penyemaian ini bisa juga dengan dilakukan pada wadah terpisah. Agar lebih efektif dan meminimalisir terjadinya kesalahan, sebaiknya biji semangka langsung disemai di polybag tersebut. Buat lubang penanaman sebanyak 3-5 dengan kedalaman kira-kira mencapai 6 cm pada tiap lubang. Kemudian biji semangka dimasukkan pada lubang, satu biji semangka pada setiap lubangnya dan kubur kembali dengan menggunakan tanah. Polybag diletakkan pada area yang bisa mendapat cahaya matahari secara langsung, dan memiliki tingkat kelembaban yang baik. Pada proses ini, media tanam tidak perlu disiram.  Penyemaian dilakukan hingga tinggi tunas mencapai 10 cm.

Cara Menanam Semangka Dalam Polybag
Setelah bibit sudah tumbuh tunas sekitar 10 cm atau berusia 2 sampai 3 minggu dari hari pertama penyemaian, bibit tersebut telah siap memasuki tahap penanaman. Pada usia ini, akar yang dimiliki oleh bibit semangka sudah cukup kuat. Dan polybag tersebut siap untuk dipindah ke area yang lebih luas juga terbuka, dan tentunya bisa mendapat cahaya matahari secara langsung. Posisi polybag tersebut berdekatan dengan pagar dan bersebelahan dengan polybag semangka yang lain, dan dengan posisi melingkar. Letakkan tongkat penyangga pada tiap polybag dengan ukuran yang disesuaikan sendiri. Selamat mencoba cara menanam semangka dalam polybag di atas.