Tips Ampuh Agar Ketupat Yang Bunda Masak Tidak Gampang Basi....Bagikan Yuk Tips Sederhana Ini!!!!!

Tips Agar Ketupat Cepat Basi  - Hari Lėbaran, kurang lėngkap tanpa sajian kėtupat. Makanan khas dari bėras yang dibalut dėngan anyaman janur kuning ini pastinya sėlalu mėnjadi incaran anggota keluarga saat berkumpul bersilaturahim saat hari idul fitri. Oleh sebabnya anda harus menghidagkan makanan ini dengan special.

Agar ketupat menjadi special tentunya anda harus memasaknya dengan benar dan tepat, sebab jika salah memasak bisa bisa ketupat menjadi cepat basi alias tidak bertahan lama. Nah berikut ini kami akan berikan beberapa tips agar ketupat tidak cepat basi serta tahan lama. Tips berikut sangatlah mudah dipraktekkan dan tentunya tidak berbahaya karena tidak menggunakan bahan bahan pengawet tambahan dari bahan kimia. Untuk lebih singkatnya berikut beberapa tipsnya :

Tips  Agar Ketupat Cepat Basi
Tips  Agar Ketupat Cepat Basi
Masak hingga benar-benar matang

Anda harus memasaknya sampai benar benar masak, umumnya ketupat akan sempurna matang dalam waktu 4-5 jam. Perebusan yang lama bakal mematikan semua bakteri hingga sampai bagian dalam ketupat. Ketupat yang matang dengan sempurna tidak akan mudah lembek serta berair. Namu jangan lupa saat merebus, pastikan ketupat terendam semua, hal ini bertujuan agar ketupat matang dengan merata dan sempurna.

Siram dengan air dingin

Jika ketupat sudah matang sempurna ( sudah padat ). Selanjutnya matikan api dan kemudian ambial semua ketupat dari rebusan. Kemudian siram ketupat menggunakan air dingin. Cara ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran lendir daun yang menempel yang berpotensi membuat ketupat cepat basi.

Tiriskan hingga kering

Setelah selesai menyiram, kemudian tiriskan ketupat pada wadah yang luas dengan lubang kecil kecil seperti tampah atau sejenisnya. Biarkan sampai kering. Agar cepat kering, Sebaiknya taruh pada tempat yang terbuka dan mudah terkena udara. Tunggu sampai kandungan air pada ketupat benar benar hilang sebab, ketupat akan cepat basi jika memiliki banyak kandungan air.

Gantung ketupat dan angin-anginkan

Setelah selesai dengan cara car diatas, selanjutnya simpan ketupat dengan cara menggantungnya di udara. Cara menyimpan dengan diangin anginkan adalah cara terbaik dalam menyimpan ketupat agar tahan lama atau tidak cepat basi. Sebab cara ini dapat membuang semua sisa air, menetes kebawah hingga ketupat kering.

sebenarnya selongsong ketupat dari anyaman janur yang tertutup rapat sudah dapat membantu melindungi ketupat dari bakteri. Namun tanpa perlakuan yang khusus ketupat masih saja akan cepat basi. Dengan melakukan beberapa tips diatas ketupat akan bertahan lama dan tidak cepat basi paling tidak sampai 4 hari.

Selamat Mencobi...!!!