Tips Budidaya dan Cara Menanam Kacang Panjang Agar Panen Dengan Melimpah – Lengkap

Cara Menanam Kacang Panjang  - Kacang panjang adalah salah satu jėnis sayuran bėrgizi yang dapat diolah untuk bėrbagai jėnis masakan maupun tumisan. Jika Anda memiliki lahan yang kosong, tidak ada salahnya untuk cara menanam kacang panjang ini. Tentunya untuk konsumsi pribadi Anda dan keluarga.

Cara menanam kacang panjang pada dasarnya hampir sama dengan menanam kacang hijau maupun jenis kacang – kacangan lainnya. Menanam kacang panjang disamping sebagai komsumsi sendiri untuk memenuhi kebutuhan protein keluarga, juga dapat menambah penghasilan Anda jika menjualnya dipasar.
Cara Menanam Kacang Panjang
Cara Menanam Kacang Panjang
Untuk mengetahui cara menanam kacang panjang, alangkah lebih baik jika Anda menentukan dulu lahan yang akan digunakan untuk menanam kacang panjang dengan kriteria berikut yang dapat memaksimalkan pertumbuhan tanaman kacang panjang Anda.

Syarat Tumbuh Kacang Panjang :

  • Kacang panjang tumbuh baik pada lahan yang bertanah latosol atau lempung berpasir, gembur, subur, kaya akan unsure hara yang dibutuhkan tanaman, serta memiliki drainase yang baik.
  • PH tanah netral yaitu berkisar antara 5 hingga 6, jika tanah terlalu asam ( PH < 5 ) maka perlu dilakukan pengapuran dengan dolomite. Jika tanah terlalu basa ( PH > 9 ) maka perlu dicampur belerang sebelum ditanami kacang panjang.
  • Suhu disekitar lahan antara 25 hingga 30 derajat Celsius dengan curah hujan berkisar diantara 700 hingga 1200 mm/th.
  • Disarankan cara menanam kancang panjang, harus memperhatikan ketinggian lahan. Yaitu tidak melebihi 800 meter diatas permukaan laut dengan iklim yang kering.

Setelah lahan sudah dapat Anda tentukan, berikutnya tahap cara menanam kacang panjang adalah sebagai berikut :

1. Pemilihan Bibit Kacang Panjang
Beberapa cirri – cirri bibit kacang panjang unggulan adalah :

  • Penampialn bibit kacang panjang tersebut bernas atau kusam
  • Perkecambahan bibit kacang panjang diatas 90%
  • Bibit tidak rusak atau cacat
  • Tidak mengandung penyakit maupun hama tanaman

Cara menanam kacang panjang tidak perlu melalui proses persemaian bibit. Benih kacang panjang sudah dapat langsung ditanam di lahan yang sudah Anda persiapkan. 

2. Persiapan Lahan

  • Cangkul atau bajak lahan agar menjadi gembur dan membersihkan lahan dari gulma maupun bekas tanaman sebelumnya yang mengganggu.
  • Berikan pupuk kandang untuk menambah ketersediaan unsure hara yang dibutuhkan tanaman dengan dosis 1 ton / hektar lahan.
  • Setelah dipupuk, diamkan tanah selama 7 hari agar pupuk kandang dapat tercampur sempurna didalam tanah.
  • Buat bedengan dengan panjang menyesuaikan lahan, lebar kurang lebih 80cm, dan tinggi bedengan kurang lebih 30 cm.
  • Berikan jarak antar bedengan sebagai drainase kira – kira 40cm hingga 50 cm.
  • Buatlah lubang tanam diatas bedengan tersebut dengan jarak tanam 30cm x 40 cm.

3. Cara Menanam Kacang Panjang
Cara menanam kacang panjang yang bak dan benar sebaiknya dimulai pada awal musim penghujan agar tanaman kacang panjang yang baru ditanami mendapat suplay air yang cukup dari air hujan.
Masukkan benih kacang panjang kedalam lubang tanam yang sudah dipersiapkan, dengan masing – masinglubang di isi 2 buah biji kacang panjang. Setelah itu cara menanam kacang panjang selanjutnya, tutuplah dengan tanah tipis atau bisa juga menutupnya dengan menggunakan abu dapur ditambah pupuk kandang.

4. Penyulaman Tanaman
Tahap berikutnya dalam cara menanam kacang panjang setelah bibit ditanam adalah tehnik penyulaman. Penyulaman adalah tehnik mengganti benih yang tidak tumbuh sempurna, terserang penyakit, maupun mati dengan benih yang baru agar tanaman kacang panjang dapat tumbuh serempak.
Cara menanam kacang panjang supaya hasilnya maksimal, dan panen serempak, maka penyulaman dilakukan setelah tanaman menginjak usia tanam 5 hingga 7 hari. Jika lebih penyumalan tidak perlu dilakukan.

5. Penyiangan Lahan
Selanjutnya dalam cara menanam kacang panjang yang benar adalah proses penyiangan lahan, yaitu membersihkan lahan dari tanaman pengganggu seperti gulma maupun rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman kacang panjang.
Sebab jika gula dan rumput liar tersebut dibiarkan, akan merebut pasokan nutrisi tanah yang dibutuhkan oleh kacang panjang, untuk tumbuh kembang dengan sempurna.

6. Pengairan dan Penyiraman
Tanaman kacang panjang tidak terlalu membutuhkan pasokan air dalam jumlah besar, maka dari itu menyirami tanaman sehari sekali, pada setiap pagi ataupun sore hari.

7. Pupuk Susulan
Cara menanam kacang panjang yang baik juga erat kaitannya dengan tahap pemberian pupuk susulan. Untuk menjaga ketersediaan nutrisi dalam tanah yang dibutuhkan tanaman kacang panjang, agar dapat menopang pertumbuhannya.

Pemberian pupuk susulan dapat dilakukan disaat usia tanam menginjak umur 45 hari sejak biji ditanam dengan dosis Urea 50kg, SP36  25kg, dan KCl 75kg. Buatlah lubang di sekitar tanamn kacang panjang dan masukkan pupuk susulan dengan komposisi tersebut diatas.

8. Pemanenan
Ciri kacang panjang yang siap dipanen adalah dilihat dari ukuran polong yang telah optimal, biji di dalam polong tidak terlihat menonjol, serta mudah untuk dipatahkan tidak lentur. Atau jika dihitung dari awal masa tanam adalah 3 – 4 bulan sejak bibit ditanam.

Lakukanlah panen pada pagi hari sebelum matahari menyengat untuk mendapatkan kacang panjang yang segar. Potonglah tangkai polong dengan pisau kemudian disortir dan diikat setiap satu kilogram polong untuk siap dibawa kepasar.

Demikian tadi ulasan singkat tentang cara menanam kacang panjang, manfaatkan lahan Anda untuk usaha produktif, salah satunya dengan budidaya kacang panjang. Selamat Menanam !!!