Teknik Jitu Agar Durian Cepat Berbuah



Teknik Agar Durian Cepat Berbuah - Kesal!!! itulah ungkapan bagi sebagian para petani durian apabila setelah tumbuh besar dan siap untuk berbuah tetapi belum juga berbuah. Apa si penyebabnya ko bisa gini? itu pertanyaan yang sering dilontarkan. Nusatani akan menceritakan pengalaman para petani sukses tentang bagaimana cara agar durian khususnya Durian, Montong Orange, dan Chani.
Teknik Agar Durian Cepat Berbuah
Teknik Agar Durian Cepat Berbuah

Teknik Agar Durian Cepat Berbuah
Teknik Agar Durian Cepat Berbuah

Berikut adalah saran terkait agar durian cepat berbuah versi Nusatani berdasarkan pengalaman:
1.      Harus Cukup Sinar Matahari
Setiap tanaman membutuhkan fotosintesis. Maka, tanaman mutlak memerlukan sinar matahari. Durian membutuhkan sinar matahari penuh, yakni selama 8-12 jam sehari. Jika kebutuhan sinar matahari kurang, pertumbuhan vegetatif dan generatif tanaman akan terganggu.

2.      Atur kesuburan tanah
Apabila tanah terlalu padat dan banyak cacing, urai tanah dengan garpu dan kasih pupuk kandang yang sudah dicampur dengan kapur sirih/ kapur domoit/ furadan secara berkala.

3.    Kadar Air
Durian tidak mau hidup dengan keadaan kadar air terlalu banyak, maka buatlah lubang mengelilingi pohon untuk menampung air agar tidak menggenangi sekitar pohon.

4.      Pemangkasan
Pemangkasan sangat perlu dilakukan, hal ini bertujuan untuk pemilihan batang yang berkualitas untuk bakal buah. Buanglah ranting-ranting ya tidak berguna (watun.red) karena disitulah bunga akan tumbuh dan menjadi buah.

5.      Pemupukan
Nah inilah yang sangat menentukan apabila keempat tadi sudah dilakukan... kasih pupuk perangsang buah dengan dosis yang telah ditentukan 2 (DUA) BULAN sebelum masa/musim bunga.