Tips Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa yang dapat Berbuah Banyak

 

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa - Banyak Gardener menganggap Dorset Naga sebagai cabai yang tidak terlalu banyak memiliki keistimewaan, dari segi kepedasan tentu banyak yang lebih pedas, dari segi keindahan pasti banyak yang lebih menarik dan indah, namun tahukah anda, keistimewaan cabai dorset naga yang tidak dimiliki jenis cabai lain yaitu PRODUKTIVITAS nya. Meski dikatakan sebagai tanaman cabai yang sulit untuk ditumbuhkan, namun jika ditumbuhkan pada lingkungan yang tepat Dorset Naga bisa tumbuh menjadi Giant Plant Pepper yang sangat produktif.

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa 
Simak video nya disini https://www.facebook.com/dedy.prajoko/videos/10205110942967566/
Bagaimanakah caranya??? Disini tips dan trik nya,….. simak baik-baik yach,....

Benih Dorset naga harus asli, jangan yang crossing silang menyilang tak jelas, sebab sifat liar dorset naga akan hilang. Lakukan proses semai seperti pada tips semai yang lalu disini https://www.facebook.com/notes/dedy-prajoko/cara-semai-benih-cabai/10152871088910835?pnref=lhc

Khusus untuk membuat Giant Dorset Naga maka transplant kedalam cup yang lebih besar setiap rentang waktu tertentu harus dilakukan dengan cara menimbun batang tanaman cabai sampai mendekati daun terbawah. Sisakan sepertiga bagian tanaman saja.

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Sebagai tanaman muda, sangat baik untuk memberikan pupuk kompos yang sudah diolah secara baik sebelumnya, pastikan sudah lapuk yach biartanaman gak mati karena bau, hihihi. Jaga kelembaban namun perlu diingat, jangan disiram terlalu banyak, jika permukaan tanah belum kering maka biarkan saja jangan disiram.

Tips nya bisa lihat disini https://www.facebook.com/notes/dedy-ranch-village-tips-trick-to-grow-food-at-home/mengapa-cabai-kecil-yang-sudah-tumbuh-tiba-tiba-mati-mengapa-tanaman-cabe-kecil-/851173594948679?hc_location=ufi

Pindahkan ke pot besar ketika akar tanaman sudah memenuhi cup dan mengikat media. Sebisa mungkin pindahkan bersama dengan media nya, jangan sampai merusak akar yach, sebab disini menumbuhkan akar seperti layaknya sebuah investasi.

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Pindahkan ke pot yang lebih besar, jangan lupa untuk menimbun 2/3 bagian tanaman dengan media subur campuran tanah dan kompos. Cabai akan tumbuh dengan baik ditanam di tanah, terutama jika tanah kering agak lembab dengan Ph diatas 6,0. Jika tingkat kesuburan rendah, pupuk lengkap harus dimasukkan sebelum tanam, kotoran ayam adalah pilihan yang terbaik karena perlahan melepaskan nutrisi sepanjang musim tanam. Alternatif lain secara berurutan dari yang baik adalah kotoran kelinci, kambing, sapi dan kerbau alternatif akhir, hehehe, tau sendiri lah kayak apa kalau pakai kotoran kerbau.

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Tunggu hingga tanaman menunjukan tanda-tanda pertumbuhan yang masiv, daun hijau segar dan lebar artinya tanaman sehat dan kondisi akar sudah kuat. Tanaman cabai lebih baik diberi naungan rumah plastic, yang tujuan nya mengendalikan iklim micro, menghindarkan tanaman dari guyuran air hujan yang berlebihan atau panas yang berlebihan dan juga keuntungan lain jika tanaman cabai berada di dalam greenhouse maka dia akan lebih aman dari parasit dan penyakit.

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Idealnya, tunggu sampai kuncup bunga pertama terbentuk untuktransplanting ke pot yang lebih besar. Proses ini bisa memakan waktu sekitar 10 minggu setelah tanam, meskipun dalam prakteknya, hal itu akan sangat bervariasi tergantungpada kecepatan perkecambahan, kondisipertumbuhan, dan lingkungan tumbuhnya. Tidak masalah, jika waktu tumbuh optimum tanaman kurang idealmungkin terlalu lambat atau terlalu cepat, sebab baik tanamanmuda atau yang lebih tua akan merespondengan baik untuk transplantasi.

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat lingkungan terbaik bagi si Dorset Naga. Apa saja yang dibutuhkan tanaman Dorset Naga untuk tumbuh dengan besar? Kelembaban, nutrisi, air dan cahaya. Usahakan jangan sampai kekurangan salah satu unsur tersebut tadi, kalau sampai dua hari merana tanpa air, maka pertumbuhan akan stagnan beberapa saat. Untuk itu diperlukan sebuah settingan ringan terutama untuk mensuplai pupuk dan air, karena cahaya sudah ada sepanjang siang hari, dan kelembaban iklim tropis sudah sangat mendukung untuk tanaman cabai.

Berikut ini hanya salah satu cara saja, silahkan berkreasi untuk pemberian air dan pupuk, bisa menggunakan drip irigasi fertigasi, global bucket, wick system atau yang lain nya. Ini menggunakan wick system.

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Penjelasan: Pokoknya gambar sudah berbicara, yang inti dari setingan ini, nanti nya air akan naik melalui sumbu yang ada di dalam ember yang berlubang (*sumbu bisa pakai kain flannel atau apapun yang bisa menyerap air), sehingga air yang naik akan membasahi media tanah, dengan begitu tanah akan selalu lembab namun tidak terlalu basah. Disini kita bisa memberikan air sekaligus pupuk nutrisi tambahan, baik dengan pupuk organic cair ataupun pupuk hidroponik, namun saya sarankan pupuk kompos dalam tanah tetap menjadi prioritas utama. Jadi sangat penting untuk menggunakan media tanam berupa kompos yang sangat subur, dari banyak kasus penanaman, berdasarkan pengamatan saya tanaman cabai pada masa vegetatif lebih subur dan bertumbuh lebih cepat dengan kompos daripada pupuk buatan. Namun silahkan berkreasi sendiri untuk itu, karena setiap gardener pasti punya formula ajaib sendiri-sendiri, hihihihi^_^.

Dan karena menanam cabai merupakan sebuah seni yang tak terbatas, dan disadari atau tidak, semua tanaman yang memiliki seni dalam penanaman nya akan membuatnya menjadi lebih mahal daripada tanaman sejenis yang tidak memiliki sentuhan seni. Kadang sedih kalau ada yang bilang cabe gituan kok mahal,… disitu saja saya yakin dia tidak memiliki jiwa seni. Hehehe. Ok lanjut,….

Jangan lupa memberi penopang pertumbuhan yang kokoh(*baca=Ajir, hehehe). Mengapa? Karena kita akan menumbuhkan sebuah tanaman yang besar yang penuh dengan buah cabai, jadi jaga-jaga saja siapa tau buah nya sekarung tiap pohon, hehehe ^_^.

Dan hasilnya setelah pindah tanam:

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Ok, sampai sini merupakan masa yang sangat membedakan dari cara menanam sebelumnya,….Simak baik-baik,…. Perhatian khusus harus dilakukan untuk masalah pengairan karena mereka akan mengering lebih cepat dari padayang kita bayangkan, hati-hati untuk tidak terlambat menyiram. Kesuburan juga merupakan hal yang WAJIB diperhatikan, tanaman harus diberi pupuk lengkap setiap seminggu atau dua minggu sekali, biasa nya nutrisi dalam media akan menurun jumlahnya, dan saat itu suplai nutrisi tambahan perlu diberikan, ya kira-kira sebulan pertama setelah ditanam di pot lah.

Pada masa penambahan pupuk terjadi pertumbuhan yang pesat,bunga akan bermunculan dimana-mana, dan eitttssss jangan senang dulu, tahan nafsu untuk panen buah,… kita harus membuang semua bunga dan buah cabai yang sudah terlanjur terbentuk. Buang SEMUA. Pepatah mengatakan” jika kita ingin memancing ikan besar, maka umpan kita haruslah besar”, dan menurut saya itu berlaku buat apapun di dunia ini, mulai dari jodoh sampai bertanam cabai. Masa sich?? Ya iya lah,… Ok lanjut….

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Jadi kita harus buang semua bunga supaya nanti berbunga lebih lebat lagi. Insting makhluk hidup adalah berusaha meneruskan keturunan bagaimanapun kondisinya. Dengan dibuangnya bunga dan buah maka energy akan difokuskan pada pertumbuhan vegetatif, cabang baru akan banyak terbentuk, daun baru akan banyak bermunculan, bunga baru juga akan muncul, namun kita tetap harus konsisten untuk membuang semua bunga dan buah pada masa ini. Jangan disayang-sayang bunga nya. Harus dibersihkan dari bunga.

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa


Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Terus suplay nutrisi agar tanaman tumbuh semaksimal mungkin,rawat tanaman dengan baik dan yang paling penting adalah mencegah serangan penyakit apapun, jika pada tahap ini tanaman terserang penyakit, maka kita akan menunda waktu beberapa minggu untuk membuat tanaman kita berbuah.

Memasuki sekitar 7 bulan, kita bisa membiarkan tanaman membentuk beberapa bakal bunga.Hal yang harus sudah dilakukan sebelum membentuk bakal bunga dan buah adalah: Mengatur tata letak cabang tanaman sedemikian rupa dengan tujuan biar rapih, biar membentuk postur tanaman yang kompak, kokoh dan seimbang antara kanan dan kiri, mengikat setiap ranting pada tiang penyangga biar kuat menahan beban buah, menambahkan pupuk kompos dan pupuk tambahan lengkap,bisa juga pupuk daun semprot merata ke tanaman, ya pokoknya gitu lah,... Dan penampakan nya kurang lebihnya seperti ini.

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Sekitar usia 8 bulan, tanaman sudah berbunga dan beberap sudah terbentuk buah, inilah masa masa terindah sebagai tukang kebun setelah sekian lama menahan hawa nafsu, semua akan terbayar beberapa minggu kedepan…dan perjuangan tukang kebun akhirnya berbuah pedas!!! Hahahaha. Ada yang mudah berbuah, namun beberapa kasus akan mengalami rontok akibat gagal polinasi/penyerbukan, namun kabar gembira nya sekitar 90% bunga yang muncul pada usia ini akan menjadi buah cabai sempurna. Mengapa? Karena tanaman sudah cukup usia, perakaran sudah kuat, dan jumlah daun sebagai dapur nya tanaman untuk memasak nutrisi sudah mencukupi, apa lagi yang kurang untuk membentuk buah? NOTHING!!! Semua lengkap, semua sempurna. Disinilah kunci sukses nya tanaman memiliki buah yang luarrrr biasa banyaknya, disini juga kunci sukses tanaman nampak menyenangkan. Mari kita nikmati pemandangan ini,….

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Buah dapat dipanen baik mentah maupun matang, asalkan mereka telah mencapai ukuran penuh mereka. Membiarkan terlalu banyak buah pada tanaman tentu akan mengurangi hasil, dan semakin banyak buah pada tanaman dipetik, semakin mereka akan menghasilkan. Kondisi pertumbuhan juga dapat mempengaruhi hasil dan kualitas buah. Stress karena perbedaan suhu yang tinggi misalnya, dapat menyebabkan rontoknya bunga, sedangkan gangguan fisiologis yang disebabkan oleh kekurangan kalsium dalam buah, diperparah oleh pH rendah dan penyiraman yang tinggi akan menyebabkan rontoknya buah yang sudah terbentuk. Tapi sekali lagi, untuk tujuan kesenangan, hasil bukanlah yang paling utama, melainkan proses untuk menghasilkan itu yang utama. Namun jika ternyata hasilnya tidak seberapa banyak sementara kita sudah capek menunggu terlalu lama, jangan kuatir,... semua tidak ada yang sia-sia, penantian, keringat kita akan tetap terbayarkan jika ada mau membaca catatan tutorial saya yang satu ini https://www.facebook.com/notes/dedy-prajoko/membuat-bonsai-chili-aka-bonchi/10150945620105835

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Raksasa

Bagaimana?? Tertarik dengan Dorset Naga?? Tanam Dorset Naga untuk memenuhi kebutuhan dapur sehari-hari, terlebih jika harga cabai menembus angka 100.000 lebih, ini akan sangat menolong. Bagi pelaku bisnis kuliner, saya yakinkan bahwa Dorset Naga layak menjadi senjata andalan bisnis kuliner anda, ketika panen raya buat cabai bubuk sebagai persediaan. Cabai Dorset Naga merupakan cabai super pedas juga, jadi penggunaan sedikit akan membuat seluruh masakan menjadi pedas. Sebagai catatan penting bahwa cabai-cabai super pedas ini telah mempengaruhi bidang kuliner di seluruh dunia. Jadi,… adakah yang lebih dahsyat daripada Dorset Naga?

Happy Gardenning,.... Gabung dengan Dedy Ranch Village, "Tips & Trick to Grow Food at Home" disini https://www.facebook.com/groups/dedyranch/