Pengenalan Bonsai

Apakah Bonsai Itu?

Bonsai merupakan salah satu tanaman yang telah dikenal sejak lama di Indonesia. Mungkin ada di antara kita yang telah familiar dengan bonsai dan bahkan telah memelihara bonsai di rumahnya. Meskipun demikian, apakah pembaca sekalian telah mengetahui sepenuhnya mengenai bonsai? Artikel berikut ini akan menjelaskan secara detail mengenai bonsai.

Pengenalan Bonsai
Pengenalan Bonsai
Bonsai adalah tanaman kerdil yang umumnya ditanam dalam pot dangkal. Dalam bahasa Jepang, bonsai berasal dari kata bon yang artinya pot dan sai yang berarti tanaman. Keharmonisan antara pot dan tanaman merupakan salah satu unsur utama disamping unsur-unsur lainnya seperti besar batang, tinggi pohon, penyebaran akar, cabang, ranting, besar daun, buah ataupun bunganya. Secara keseluruhan sebuah bonsai merupakan miniatur dari pohon tua yang agung di alam bebas yang disempurnakan. Lebih dari itu, sebuah bonsai melambangkan keharmonisan dari alam semesta yang unsur utamanya terdiri dari: langit, bumi dan manusia. Hal ini tercermin dari bentuk bonsai yang selalu merupakan sebuah segitiga asimetris.

Titik tertinggi dari bonsai melambangkan langit, titik terendah melambangkan bumi sedangkan yang tengah melambangkan manusia. Hal ini sangat berbeda dengan tanaman hias yang ditanam dalam pot yang seringkali hanya menonjolkan keindahan warna atau bentuk daun, bunga ataupun buah tanpa memperhatikan keharmonisan keseluruhan tanaman maupun keharmonisan antara tanaman itu sendiri dengan potnya.

Bonsai merupakan salah satu seni

Bonsai juga merupakan salah satu seni pemangkasan tanaman atau pohon agar tumbuh kerdil, mini atau cebol serta melalui proses training (proses penyempurnakan bentuk pohon). Training merupakan unsur yang terpenting dan teknik pokok dalam proses pembuatan bonsai yang berlangsung terus sepanjang hidup pohonnya. Oleh karena itu, untuk memperoleh bonsai yang sempurna membutuhkan waktu yang relatif lama (bertahun-tahun). Selain itu, juga membutuhkan kreativitas, kesabaran, ketekunan, dan kecintaan pembuatnya terhadap tanaman sebagai landasan utama dalam pembuatan dan perawatan bonsai.

Perlu diketahui, kerdil dalam seni bonsai memiliki pengertian yang luas. Setiap jenis tanaman memiliki batasan kerdil yang berbeda. Bisa saja tanaman yang tingginya 1 meter dikategorikan kerdil dan yang tingginya hanya 0,5 meter tidak masuk kategori kerdil. Jadi, kerdil dalam seni bonsai adalah tanaman yang memiliki penampilan lebih kerdil/mungil daripada tanaman aslinya.

Tanaman yang dibuat menjadi bonsai umumnya memiliki pohon berbatas keras (berkayu), pohon yang berbuah dan kadang-kadang pohon yang berbunga. Efek artistik dari bonsai biasanya dilihat dari keseimbangan ukuran batang, daun, ranting, bunga atau buah dan pot yang digunakan. Oleh karena itu, pot yang digunakan harus yang mendukung suasana tanaman atau pohon yang ditanam. Selain itu, bonsai yang baik juga harus dapat diletakkan di luar ruangan (out door) sepanjang tahun.