Cara Mudah Membuat Bonsai Cabe Warna-warni Dirumah


Bonsai Cabe - Siapa tak suka memandangi tanaman cabai mini dengan nuansa eksotis? Cabai sebagai pelengkap wajib bagi masakan Indonesia sebenarnya memiliki nilai eksotisme yang gak kalah dengan jenis bunga-bungaan penghias pot lainnya. Lihat penampakan pohon cabai ini,.....
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
atau yang ini,...
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Atau mau melihat si "menik" (sebutan bagi bunga cabai; jawa) berikut penampakan pohon cabai jika sedang berbunga,...
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Bagus khan? "KOK BISA BEGITU YACH??". Selama ini, kita hanya tau pohon cabai dihalaman dengan bentuk yang biasa saja, dengan jenis yang itu-itu saja, tanpa improvisasi tanpa modifikasi, bosan dech lama-lama,... Ada banyak jenis cabai yang eksotis yang mungkin bisa dibuat BONCHi alias bonsai chili, berikut beberapa cabai yang bisa ditemui dan lumayan bagus kalau jadi bonsai. Terdapat banyak variasi rasa pedas dan warna dalam dunia percabaian, berbagai warna itu misalnya putih, cokelat, ungu, hitam, kuning, orange, atau bahkan yang warna warni dalam satu pohon, ini contohnya.

Bolivian Rainbow
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
PRETY PURPLE PEPPER
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Peruvian White Habanero
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Purple Hot Pepper
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Red Chupetinho
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Black Pearl Pepper
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Peruvian Purple
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Red Globe Chilli Pepper
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Atau bisa juga menggunakan si Petter Pepper yang eksotic ini,... hehehe.
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Dan masih banyak lagi jenis cabai yang lain nya,.... Bagaimana? banyak pilihan bukan??

Tapi bagaimana cara memulai membuat bonsai?? Begini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat cabai menjadi bonsai.

Pertama semai biji cabai sampai tumbuh, kalau gak tumbuh semai lagi dan lagi,... kalau sulit maka silahkan lihat tutorial saya dalam menyemai cabai disini https://www.facebook.com/notes/dedy-prajoko/cara-semai-benih-cabai/10152871088910835
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Jika sudah tumbuh, tanam pada lahan yang luas agar mampu tumbuh dengan maksimal, bisa juga dengan menggunakan pot ukuran besar, dan rawatlah dengan baik (seperti kamu merawat pacarmu), hahaha. Biarkan dia tumbuh sebesar yang dia bisa,.... Cara terbaik untuk sukses membuat bonsai cabai adalah menumbuhkan tanaman cabai dengan membentuk postur tanaman yang besar pada awalnya. kalau masih bingung cara membuat cabai menjadi raksasa lihat caranya di tutorial saya disini https://www.facebook.com/notes/dedy-prajoko/cara-menanam-dorset-naga-raksasa-buah-banyak/10152891230705835
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
(Loh kok dibiarkan tumbuh besar gitu sich, bukan kah bonsai itu identik dengan mini dan kerdil?!!),... hehehe, sabar,...sabar,... (jadi begini). Seni bonsai cabai sangat berbeda dengan seni bonsai tanaman keras.Kita dapat menanam secara langsung pada pot kecil, tapi kemudian hasil akhir dari batang tidak akan menakjubkan seperti pada batang yang ditanam dan tumbuh besar pada awalnya. Bonsai memang identik dengan mini dan kerdil, namun juga identik dengan tua juga khan? Jadi lucu lah kalau bonsai tapi batangnya muda!! Nah untuk membentuk efek yang amazing, maka diperlukan batang cabai tua yang besar!! Justru yang besar yang akan menjadi bonsai cabai berkualitas. (sudah yach sampai disini jelas?! Cara tanam cabai biar besar ada link nya diatas yach.). Lanjut,..... biarkan ia menghasilkan buah sebanyak-banyak nya sambil menunggu batang tanaman utamanya menjadi terkesan 'cukup tua' dan berkayu. Setelah cukup tua, maka segera panen buahnya,...
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Mau banyak atau sedikit yang penting bisa panen cabai, jangan kecewa jika hasil dari panen gak banyak, karena ini baru awal dari kepuasan menanam cabai. Salah satu hal besar mengenai bertanam cabai adalah bahwa jika hasil panen tidak mungkin diharapkan, kita masih bisa mendapatkan banyak kegembiraan dari tanaman cabai favorit kita itu dengan mengubahnya menjadi bonchi. Setelah panen, saatnya untuk memulai proyek yang sebenarnya!

Langkah pertama dalam membuat Bonchi adalah memangkas sadis (bisa juga memangkas kejam) tanaman cabai untuk mengubahnya menjadi kecil, seperti ini
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Tahap ini adalah bagian paling penting dari keseluruhan proses. Ingat, setelah memotong batang cabai, kemampuan tanaman untuk tumbuh akan melambat secara signifikan! Agar berjalan lancar sebisa mungkin potonglah diatas ruas daun, jika berada dibawahnya kemungkinan tumbuh tunas menjadi sedikit. Langkah selanjutnya adalah memotong akar disekitar batang untuk mengambil tanaman beserta beberapa tanah disekitar akar,....
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Lalu potong akar-akar yang panjang sehingga nanti cukup kecil untuk diletakkan dalam pot berukuran kecil.

Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Selanjutnya buang beberapa tanah bagian atas untuk membuat akar lebih terlihat. Ide seni nya adalah untuk meninggalkan akar yang terbesar agar terlihat di atas permukaan tanah untuk membuat bonsai chili terlihat lebih "dramatis". Sebenarnya kita dapat meningkatkan proses dari efek pemunculan akar besar ini dengan mendorong pertumbuhan akar kayu dengan mengekspos akar terbesar agar terkena cahaya matahari langsung pada saat kita menanam tanaman cabai menjadi besar, sebaiknya beberapa bulan sebelum dipotong dan dipindahkan.
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Lalu pindahkan ke pot kecil, pilih pot yang paling bagus kalau perlu yang mahal agar bonsai-pot terlihat sangat,... SANGAT eksklusif! Sebuah pot bonsai yang bagus sangat dianjurkan untuk mendapatkan penampilan terbaik!
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Potong sebagian akar kecil yang berada pada bagian atas permukaan. Operasi ini membuat bonsai chili terlihat lebih seperti pohon kecil tua.



Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Tips pemangkasan akar: Biarkan akar yang lebih besar untuk terlihat menonjol di atas tanah agar terlihat lebih 'tua'.

Dan kemudian, tanaman cabai yang akan menjadi bonsai itu ditambahkan beberapa tanah di sisi dan di sekitar batang dan akar seperti yang kita inginkan.



Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
selesai sudah proses pindah tanam, selanjutnya pembentukan tajuk bonsai, namun kita harus tunggu beberapa lama sampai tanaman bertunas kembali.

TIPS: Untuk memastikan tanaman tidak akan mati setelah proses pangkas dan pindah adalah dengan memberikan nutrisi dan air yang cukup serta memberikan beberapa cahaya tambahan selama beberapa minggu untuk mendorong tumbuhnya beberapa daun baru. Cahaya adalah kunci untuk pertumbuhan baru yang kuat! Sekarang adalah masa kritis yang mendebarkan. Memerlukan waktu yang sedikit lama untuk tumbuh beberapa akar baru pada bonsai cabai ini, dan setelah itu, mudah-mudahan beberapa daun baru juga akan muncul. Pokoknya berdebar dan gak sabar dech, sampai Akhirnya! Beberapa pertumbuhan baru! hehehe.
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Banyak tunas baru yang akan muncul dari batang kayu! Lakukan pemangkasan pertumbuhan tunas baru (baik batang dan daun) kapan saja diperlukan untuk menjaga tanaman bonsai cantik!
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Untuk mendapatkan beberapa pohon bonsai yang cukup banyak cabai membutuhkan latihan untuk menguasai teknik, kesabaran yang baik, perawatan dan pengalaman dalam bertanam cabai. Dalam pot yang lebih besar, cabai tidak perlu terlalu banyak pemupukan, tetapi dengan cabai bonsai dalam pot sangat kecil, tanaman akan mengkonsumsi nutrisi yang sangat cepat, jadi pastikan untuk menambahkan beberapa pupuk seperti NPK seimbang setiap beberapa waktu. dan paling mudah gunakan pupuk slow release.
 
Selanjutnya,.... Untuk membuat Bonchi's terlihat seperti "pohon nyata", kita harus mencoba untuk membengkokkan cabang dan ranting, perlu diingat bahwa ini hanya tips sederhana, kita bisa melakukan dengan banyak cara sesuai keinginan kita. Langkah-langkah pembentukkan adalah seperti berikut;
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Tanaman akan terlihat seperti ini:
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Gambar ini menggambarkan bagaimana proses pembengkokan cabang-cabang dilakukan. Pilih berbagai jenis kawat yang sesuai dengan tipe cabang yang kaku dan longgar. Ingat bahwa beberapa cabang sangat mudah patah, jadi hati-hati membengkokkan cabang dengan kawat. Mungkin ada beberapa yang patah di titik cabang, don't worry, jangan khawatir,.... pertumbuhan baru akan muncul di sana segera!!! Setelah beberapa lama, tanaman mulai rimbun, waktunya pemangkasan untuk cabang-cabang yang tidak bagus.
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Mungkin sekarang ini terlihat agak jelek, tapi percayalah tanaman ini akan terlihat jauh lebih cantik kemudian ketika brach yang dipangkas itu kemudian akan terisi dengan daun kecil di kemudian hari. Lalu buanglah daun-daun besar dan lebar yang memenuhi cabang-cabang itu, untuk mendapatkan tanaman bonchi yang indah, kita perlu untuk membuatnya jelek pada awalnya.
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Setelah menghapus sebagian besar daun yang berukuran besar, lalu membiarkan tanaman tumbuh dengan baik, dan membuang setiap daun besar baru yang akan muncul. Beberapa saat kemudian, bonchi ini akan terlihat lebih indah. Pasang kawat lebih bila diperlukan. Kita dapat membuang kabel itu ketika cabang telah menetap dan setelah mereka menjadi seperti berkayu.
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Selanjutnya, sambil menunggu bonchi terbentuk kita bisa meletakkan beberapa aksesories tambahan agar bonchi semakin menakjubkan, misalnya menambahkan batu dan lumut-lumut hijau. Cukup gunakan imajinasi saja lah,...! Gunakan batu, lumut, potongan kayu, pasir ... apa saja yang bisa membuat kita berpikir bonsai chili bisa terlihat sekeren mungkin!
 
Perakitan beberapa batu di bawah akar.
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Menambahkan beberapa lumut dan batu lagi.
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe



Juga bahwa lubang di batang haruslah berwarna sedikit menghitam, bisa menggunakan pena hitam untuk menghitamkan setiap bekas potongan cabang atau sedikit berlubang agar terkesan rapuh dimakan waktu.
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe



Ini masih perlu menambal beberapa tempat dan menambahkan beberapa yang lain seperti semak kecil dan gulma.



Bonsai Cabe
Bonsai Cabe


Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Nah begitu lah kira-kira langkah dasar membuat Bonsai Cabai atau BONCHI. Dan akhirnya,... Bonchi siap dijual atau bisa untuk hiasan.
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Bonsai Cabe
Sekian, selamat mencoba, Happy Gardening,.... ^_^Y

Thanks to: http://www.fatalii.net
https://www.facebook.com/notes/dedy-prajoko/membuat-bonsai-chili-aka-bonchi/10150945620105835/