Apa itu Urban Farming?


Urban Farming - Seiring meningkatnya kesadaran kaum urban akan hidup yang sehat, banyak dari mereka yang melakukan aktivitas urban farming di pekarangan rumah untuk bisa menghasilkan makanan sehat yang dapat dikonsumsi. Apa itu urban farming?
Urban Farming
Urban Farming
Urban farming adalah konsep memindahkan pertanian konvensional ke pertanian perkotaan, yang berbeda ada pada pelaku dan media tanamnya. Pertanian konvensional lebih berorientasi pada hasil produksi, sedangkan urban farming lebih pada karakter pelakunya yakni masyarakat urban. Urban farming telah menjadi gaya hidup karena semakin tinggi kesadaran masyarakat urban untuk menjalani gaya hidup sehat.

Dengan melakukan aktivitas urban farming, masyarakat mendapat ketersediaan sayuran sebagai sumber nutrisi sehat, mengurangi impor sayuran, menghijaukan lingkungan, dan membantu mengurangi dampak pemanasan global. Pemahaman yang lebih mendalam dan meluas mengenai urban farming mengantarkan konsep ini tidak lagi sekadar gaya hidup kaum urban, tapi meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kualitas makanan, gizi, kesehatan dan lingkungan sekitar. Anda tentu tahu bahwa kualitas hidup seseorang ditentukan oleh kualitas makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Bayangkan jika Anda selalu mengonsumsi makanan tidak sehat, Anda pun akan merasakan dampak buruknya meski tidak dalam jangka pendek.

Pentingnya urban farming sebagai aktivitas yang berkontribusi terhadap ruang terbuka hijau dan ketahanan pangan, membuat semakin banyak masyarakat yang juga tertarik untuk melakukan kegiatan ini. Salah satu perusahaan yang selalu mengampanyekan konsep urban farming ini adalah East West Seed Indonesia (EWINDO), yang menghasilkan produk benih sayuran Cap Panah Merah. “Kami siap dengan berbagai strategi untuk kampanye urban farming. Tidak hanya di Jakarta tapi juga di kota-kota sekitarnya.” ujar Muhammad Hariyadi Setiawan, Project Manager EWINDO. Salah satu strategi yang telah dilakukan EWINDO untuk menjangkau lebih banyak petani dan pencinta pertanian perkotaan ialah dengan meluncurkan aplikasi Urban Farming Indonesia yang berisi informasi varietas, teknologi budidaya dan agribisnis. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di Google Play.

Foto: dok. EWINDO