Taman Vertikal Garden dan Manfaatnya yang Tak Terduga

Taman Vertikal Garden - Menanam tumbuhan selalu membawa dampak positif bagi rumah. Tidak terkcuali dengan green wall atau vertical garden. Entah itu, untuk eksterior atau fasad rumah, taman, dan dinding dalam ruangan, tumbuhan hijau tersebut dapat memberikan banyak manfaat. Beberapa di antaranya barangkali sudah umum bagi banyak orang.
Taman Vertikal Garden
Taman Vertikal Garden
Sebut saja, kumpulan tumbuhan yang disusun secara vertikal tersebut dapat memberi suasana baru dan mempercantik ruangan atau taman. Tumbuhan itu juga dapat membersihkan dan meningkatkan kualitas udara sehingga ruangan dan lingkunagan sekitar terasa lebih segar. Suara dan kebisingan di luar rumah juga dapat diredam dengan kehadirannya.

Selain yang sudah disebutkan, vertical garden masih memiliki manfaat lain yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Apa saja? Beberapa manfaat di bawah ini menunjukkan bawah vertical garden atau green wall layak untuk dihadirkan di rumah.
Taman Vertikal Garden
Taman Vertikal Garden

1. Menyembunyikan Bagian Dinding yang Tidak Menarik
Dinding yang rusak atau area rumah yang dikhawatirkan akan merusak tampilan rumah secara keseluruhan, juga bisa menggunakan green wall. Dengan menambahkan tumbuhan tersebut, bagian rusak dan jelek dapat tetutupi dan di saat bersamana meningkatkan tampilan ruangan atau rumah. Area yang awalnya ingin disembunyikan pun bertransformasi menjadi focal point.
 
2. Menambahkan Tekstur
Bila tampilan visual tidak cukup, tambahkan tekstur. Tekstur tersebut dapat dihadirkan oleh berbagai tumbuhan yang ditanam. Terlebih bila vertical garden atau green wall didesain untuk di dalam ruang. Ruangan tersebut tentunya tidak akan memiliki tampilan datar dan monoton seperti sebelumnya.
 
3. Mencegah Coretan di Dinding
Coretan atau graffiti terkadang bisa merusak tampilan rumah. Terlebih bila graffiti tersebut dibuat secara sembarangan di fasad atau dinding depan rumah. Tumbuhan yang menutupi dinding dan fasad rumah dapat mencegah hal itu terjadi. Ini karena dinding sudah dipenuhi oleh berbagai tumbuhan hijau.

Foto: Tri Rizeki Darusman, Ifran Nurdin