Tips Membangun Taman Di Apartemen

Taman Di Apartemen - Mungkinkah membangun taman di sebuah unit apartemen? Dengan luas yang sangat terbatas, atau di beberapa tipe unit bahkan tidak memiliki area tambahan, menghadirkan taman di unit apartemen bisa dibilang hampir tidak mungkin. Tapi, dengan sedikit kreativitas dan usaha, Anda bisa mengolah area lahan yang ada menjadi taman sederhana yang cantik.
Taman Di Apartemen
Taman Di Apartemen
Taman Di Apartemen
Taman Di Apartemen

Satu-satunya area yang memungkinkan untuk diolah menjadi taman adalah area balkon. Dengan luas yang pada umumnya berkisar antara 1,5 meter hingga 2 meter, Anda memang tak bisa menanam pohon atau tanaman berkayu yang membutuhkan area tanam yang luas.
Namun, Anda bisa memanfaatkan balkon menjadi taman mungil yang atraktif dengan cara meletakkan tanaman hias di dalam pot. Pilih media tanam yang ringan seperti rockwool, styrofoam, sekam atau batok kelapa yang telah dikeringkan untuk menanam tanaman di atas balkon.

Taman Di Apartemen
Taman Di Apartemen
Kemudian pilih jenis tanaman yang mudah perawatannya, yakni cukup disiram secara rutin. Anda bisa memilih beberapa jenis tanaman seperti Morning Glory, Mandevilla, air mata kucing atau Vernonia Elaeafolia atau populer disebut Curtain Creeper. Tanaman yang tumbuh secara merambat (vertikal) efektif menangkal polusi debu. Selain itu, tentu saja Anda bisa menghemat tempat sehingga sisa lahan bisa dimanfaatkan untuk meletakkan tanaman lain.

Taman Di Apartemen
Taman Di Apartemen
Terakhir, untuk mempercantik tampilan taman mungil Anda, hiasi dengan artwork menarik serta lighting berupa lampu spot light yang menyorot ke arah tanaman tertentu. Sehingga taman mungil Anda akan terlihat menarik meskipun dibangun di atas lahan terbatas tanpa penutup rumput sekalipun. Selamat mencoba!