Aneka Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Rumah


Manfaat Baking Soda - Baking Soda adalah bahan pengembang kue yang selalu ada di lemari dapur saya. Selain berfungsi untuk mengembangkan kue, saya juga menggunakan baking soda untuk aneka keperluan membersihkan rumah.
Manfaat Baking Soda
Manfaat Baking Soda
Hal ini disebabkan karena adanya sifat aktif dari zat yang terkandung dalam baking soda. Sifat aktif baking soda dalam bahasa sederhana saya memiliki kemampuan untuk mengangkat kotoran, sebagaimana ia mampu mengangkat adonan kue yang padat menjadi lebih mengembang.

Apa saja yang bisa dilakukan oleh baking soda selain membuat kue anda mengembang? Berikut adalah hal-hal yang sudah saya lakukan dengan baking soda, ohya jangan lupa pastikan baking soda yang Anda gunakan adalah baking soda yang masih aktif :

Membersihkan Microwave

Bila Anda sering menggunakan Microwave untuk memanaskan makanan, biasanya ada saja sisa bahan makanan yang menempel di dinding Microwave, berupa percikan makanan atau uap dari makanan yang menempel dan membentuk kerak. Dengan menggunakan baking soda akan memudahkan pengangkatan sisa makanan yang menempel di Microwave. Cara melakukannya sebagai berikut: Masukan 1 sendok makan baking soda ke dalam wadah atau mangkuk berisi air, lalu panaskan dalam Microwave selama 1 hingga 2 menit. Setelah itu matikan Microwave, lalu siapkan lap yang bersih untuk menyeka bagian dalam microwave. Dengan cara ini, kerak yang terdapat di dalam Microwave akan lebih mudah dibersihkan.

Menghilangkan Bau Tidak Sedap dalam kulkas

Kita menempatkan aneka macam bahan makanan di dalam kulkas yang tertutup dan udaranya terkurung di dalamnya. Tak heran saat pintu kulkas dibuka, aneka aroma menguar dari dalam kulkas. Untuk mengurangi bau yang kadang tercium kurang sedap itu, cobalah untuk meletakkan Baking Soda pada wadah terbuka di dalam kulkas. Baking soda bisa menjaga kesegaran makanan atau minuman agar tidak terkontaminasi dengan bau yang tidak enak. Saya juga menabur baking soda di tempat sampah untuk mengurangi bau dalam tempat sampah tersebut.

Membersihkan Toilet

Baking soda adalah produk alami yang dapat membersihkan kotoran. Selain berguna pada panci, produk ini juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan toilet. Cukup taburkan sedikit baking soda ke dalam toilet, lalu sikat secara merata. Dengan begitu, kamar mandi menjadi bersih dan Anda pun lebih hemat karena tidak perlu membeli pembersih toilet. Sebagai Pemadam Api

Simpan baking soda di dalam botol atau wadah yang tertutup, lalu letakan di dapur. Cara ini berguna untuk memadamkan api bila terjadi kebakaran ringan saat Anda memasak, dengan cara menuangkannya ke sumber api. Walaupun membuat ruangan berantakan, tapi Anda akan selamat dari bencana. Mengapa baking soda bisa memadamkan api, singkatnya adalah karena baking soda bila dipanaskan akan memproduksi gas karbondioksida yang akan mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh api. Namun ingat-ingat, bila kebakaran membesar, segera cari pertolongan lebih lanjut.

Menghilangkan Noda Membandel

Anda bisa membersihkan noda yang membandel pada pakaian dengan baking soda. Cukup campurkan 1/4 gelas baking soda dan deterjen ke dalam mesin cuci. Baking soda dapat mengangkat kotoran yang susah dibersihkan sehingga tugas mesin cuci bisa lebih ringan.

Membersihkan Buah dan Sayuran

Baking soda baik untuk menghilangkan kuman yang merekat pada sayur dan buah-buahan yang baru dibeli. Isi air ke dalam sebuah mangkuk atau panci besar untuk mencuci buah dan sayur. Tambahkan dua sendok makan baking soda, maka buah serta sayur bisa dicuci dengan lebih bersih daripada memakai air biasa.

Pembersih Saluran Air

Mungkin Anda sering jengkel kalau saluran pembuangan air di rumah tersumbat karena lemak yang melekat dan mengeras. Di sinilah salah satu kegunaan bahan dapur ini. Taburkan segelas baking soda dan satu botol besar air panas ke dalam saluran pembuangan. Selain ekonomis, cara ini bisa mengurangi penyumbatan yang terjadi di dalam saluran.

Membersihkan Kain Lap atau Serbet

Setiap rumah pasti punya semacam kain lap pembersih debu, seperti serbet atau semacamnya. Kotoran dan lemak yang menempel agak susah dihilangkan oleh sabun biasa. Anda bisa rendam kain lap kotor ke dalam air hangat yang sudah tercampur baking soda, biarkan beberapa menit. Maka kotoran akan terangkat dengan sendirinya dan lanjutkan dengan proses pencucian lebih lanjut.