Kenali Lebih Dekat Hidroponik Sistem Wick


Hidroponik Sistem Wick - Apakah Anda tahu sistem wick? Sistem tersebut merupakan salah satu dari enam bagian teknik hidroponik. Sistem wick atau sistem sumbu merupakan teknik bercocok tanam yang paling mudah di antara keenam lainnya. Cara ini juga merupakan yang cukup mudah untuk dilakukan, terutama bagi pemula. Hal ini karena tidak diperlukan banyak bahan atau material serta tak harus mengeluarkan banyak dana. Hanya saja, Anda tidak bisa menanam dalam jumlah besar.

Hidroponik Sistem Wick
Hidroponik Sistem Wick
 Namun, bagi Anda yang belum pernah berkebun sebelumnya, menggunakan teknik ini dapat menjadi awal untuk belajar. Sebelumnya, harus diketahui bahwa sistem ini termasuk pasif karena tidak ada energi atau listrik yang digunakan untuk mengaliri nutrisi. Larutan nutrisi diletakkan dalam suatu wadah lalu dialirkan melalui sumbu.

Akar tanaman sendiri tidak dicelupkan dalam air, tetapi tumbuh dalam bahan penahan air atau media tanam, seperti rockwool, sabut kelapa, sekam bakar, atau vermiculite. Lalu, letakkan sumbu pada sisi bawah media tanam, akan lebih baik bila dekat dengan akar. Sementara, ujung sumbu yang lainnya posisikan dalam wadah berisi larutan nutrisi. Dengan adanya kapilaritas, media tanam akan menjadi lembab dan tanaman mendapat nutrisi.

Hidroponik Sistem Wick
Hidroponik Sistem Wick
Tak perlu khawatir dengan bahan yang diperlukan karena Anda dapat menggunakan benda-benda yang sudah ada di rumah. Misal, untuk sumbu, bisa dengan kain bekas, sumbu kompor, atau kapas. Sementara, wadah akar dan media tanam, cukup dengan botol bekas berukuran besar, sedangkan tempat untuk larutan nutrisi dapat memanfaatkan ember. Bisa juga, botol berukuran 1,5 liter dipotong menjadi dua, bagian atas untuk tempat media tanam dan sisi bawah untuk larutan nutrisi.

Anda dapat mecoba teknik ini terlebih dahulu sebelum menjajal teknik lain. Anda juga tak perlu menghijaukan lingkungan rumah dengan cara yang rumit atau dengan dana besar. Menarik, bukan?

Foto: Tri Rizeki Darusman
by majalahasri.com