Merancang “Fantasy Garden” Di Lahan Sempit


Fantasy Garden - Diperlukan perencanaan yang tepat untuk membangun sebuah taman di atas lahan sempit agar tampilannya terlihat rapi dan menarik. Jika Anda berencana membangun taman di rumah, konsep taman pada sebuah restoran yang terletak di kota Bandung ini mungkin bisa menginspirasi Anda.

Fantasy Garden
Fantasy Garden
Berbeda dengan konsep taman pada umumnya, desainer landscape Andi dan Doni dari X-Otic Garden, mencoba menerapkan konsep bertema ‘Fantasy Garden’. Keunikan taman seluas 1-2 meter ini tampak pada partisi (divider) yang mengangkat konsep gambaran view sebuah kolam ikan koi yang diposisikan secara vertikal. Dinding berpola menggambarkan pola gelombang air (wave) yang dilapis dengan rumput sintetis (synthetic grass) sebagai latar belakang dari dasar kolam. Adapun jajaran tanaman Calathea berfungsi menyamarkan dinding pada sisi lainnya. 
Fantasy Garden
Fantasy Garden
Adapun area taman horizontal disekitar partisi diisi oleh tanaman kucai kerdil sebagai ground cover karena tanaman tersebut terbukti tahan terhadap iklim mikro seperti ini. Di antara hamparan tanaman kucai kerdil yang berwarna hijau tua pekat, ditanam beberapa jenis Bromelia yang memiliki eksotisme daun berbentuk rosset sedangkan warna daun yang colorful menjadi aksen.
Fantasy Garden
Fantasy Garden
Elemen taman lainnya seperti aksesori, hard material, dan pencahayaan merupakan penyempurna dari keseluruhan elemen taman yang turut andil membentuk suasana. ornamen lampu yang terbuat dari kerangka besi berbentuk kerucut yang ditempatkan terbalik, kemudian diisi dengan bongkahan batu cadas di dalamnya. Bias cahaya lampu menembus di antara celah-celah batu, sangat eksotis untuk membentuk suasana di sekitar restoran menjadi lebih terasa romantis.

Fotografer : Tri Rizeki
Lokasi : Restoran Tahu Lembang Renyah – Bandung