Cara Menanam hidroponik menggunakan Nutrisi Hidroponik AB MIX


Nutrisi Hidroponik AB MIXSobat yang baik, ketika anda  ingin tahu cara menanam hidroponik anda membutuhkan nutrisi hidroponik. Apa itu nutrisi hidroponik ? Pada sistem hidroponik tanah tidak lagi dominan digunakan sebagai media tumbuh, dan sebagai gantinya dibutuhkan media lain seperti arang sekam, cocopeat dan media tanam hidroponik lainnya selain tanah. Media tanam tersebut tidak lah memiliki kandungan unsur hara yang cukup dibutuhkan oleh tanaman oleh karenanya diperlukan nutrisi hidroponik kepada tanaman yang di tanam secara hidroponik.
Nutrisi Hidroponik AB MIX
Nutrisi Hidroponik AB MIX
Untuk itu Kita harus mengetahui secara tepat jumlah dari masing-masing unsur hara yang dibutuhkan oleh masing-masing tanaman. Hal ini bukanlah sesuatu yang mudah. Bagi Anda para pemula dan ingin belajar sistem hidroponik, Anda tidak usah repot dengan semua hitungan-hitungan tersebut karena Anda bisa menggunakan pupuk siap pakai yang dikenal dengan nama NUTRISI HIDROPONIK AB MIX. Nutrisi hidroponik ini merupakan pupuk siap pakai khusus hidroponik yang mengadung semua unsur hara baik makro dan mikro yang sangat diperlukan oleh tanaman hidroponik. Pupuk tersebut diformulasi secara khusus sesuai dengan jenis tanaman dan fase pertumbuhan tanaman. Nutrisi hidroponik ada khusus untuk berbagai jenis tanaman seperti tanaman khusus daun, nutrisi khusus tomat, khusus cabe, khusus melon, dan lain-lain. Mengapa harus khusus seperti itu ? jawabanya adalah karena tumbuhan membutuhkan spesifikasi khusus kebutuhan yang tidak sama untuk masing-masing tanaman seperti paprika atau cabai, tomat, melon, timun, terong, selada, anggrek, mawar, krisan, anturium dan lain-lain.

Komposisi Nutrisi Hidroponik

Bila sebelumnya kita telah mengenal membuat sendiri nutrisi hidroponik, sekrang kita akan bahas nutrisi hidroponik yang populer dengan nama Nutrisi Hidroponik AB Mix.

Satu set nutrisi hidroponik terdiri dari 2 kantong yaitu kantong A dan kantong B. Adapun kandungannya adalah 9.90% NO3, 0.48% NH4, 4.83% P2O5, 16.50% K2O, 2.83% MgO,11.48% CaO, 3.81% SO3, 0.013% B, 0.025% Mn, 0.015% Zn, 0.002% Cu, 0.003% Mo dan 0.037% Fe, atau tergantung dari jenis tanamannya, setiap tanaman mempunya formulasi kandungan yang berbeda-beda. Apabila anda ingin membeli nutrisi hidroponik AB Mix, sebaik anda dapat membeli sesuai jenis tanaman yang anda tanam dengan sistem hidroponik. Komposisi menggunakan garam-garam mineral yang larut dalam air secara sempurna sehingga tidak menyebabkan drip irigasi tetes tersumbat. Dikemas dalam kantong plastic sehingga mudah dalam transportasi. Satu set Nutrisi Hidroponik terdiri dari dua bagian yaitu BAGIAN A untuk membuat Larutan Stok A dan BAGIAN B untuk membuat Larutan Stok B.

Pada BAGIAN A terkandung Calcium dan pada BAGIAN B terkandung Phosphate dan Sulfate. Dalam keadaan pekat ( yang berupa larutan Stok) Calcium tidak boleh bercampur dengan Phosphate atau Sulphate, oleh sebab itulah ada BAGIAN A dan BAGIAN B.

Okey, sudah paham bukan ? nah sekarang beli saja kalau belum punya nutrsi hidroponik sesuai tanaman yang akan anda tanam. Selamat mencoba.