Banyak Makan Daun Kemangi ternyata Banyak Manfaatnya Lho!!


Manfaat Daun Kemangi Daun kemangi ternyata memiliki banyak manfaat. Selain baunya yang harum sehingga semakin mantap jika dijadikan bahan pelengkap dalam hidangan masakan, ternyata dalam daun kemangi mengandung beberapa senyawa dan nutrisi tertentu. Bagi penikmat pepes ikan atau lalapan yang didalamnya terdapat daun kemangi sebagai penambah aroma, tentunya akan mempunyai nilai tambah karena banyak kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.
Manfaat daun kemangi
Manfaat daun kemangi
Sebenarnya di dalam daun kemangi terkandung apa saja? Kandungan nutrisi yang terkandung dalam daun kemangi antara Sineol, arigin, Apigenin fenkhona, Cireol, estragol, eugenol, lineol, linalool, metha sinamat, asam caffeic, monoterpen, seskuiterpen, tannin, vitamin A , dan Vitamin C.

Agar Anda dapat lebih mengenal manfaat dari daun kemangi terutama untuk kesehatan, berikut ini akan kami berikan daftarnya untuk Anda!
  1. Daun kemangi mengandung banyak flavonoid polifenol seperti orientin dan vicenin. Senyawa ini diuji di vitro laboratorium untuk kemungkinan perlindungan anti oksidan melawan lipid radiasi oksidasi dalam hati tikus.
  2. Daun kemangi memiliki beberapa manfaat kesehatan sebagai minyak esensial seperti eugenol, sitronelol, linalool, citral, limonene dan terpineol. Senyawa ini diketahui memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri.
  3. Daunnya ini merupakan bagian tumbuhan yang sangat rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol, tetapi sumber yang sangat kaya banyak nutrisi penting, mineral, dan vitamin yang diperlukan untuk kesehatan yang optimal.
  4. Ramuan daun kemangi juga mengandung zat penting yang sangat tinggi kadarnya, seperti beta karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zea xanthin. Senyawa ini membantu tubuh untuk bertindak melindungi terhadap radikal bebas yang diturunkan oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan berbagai proses penyakit.
  5. Zea xanthin adalah senyawa karotenoid flavonoid kuning, yang secara selektif diserap ke dalam retina makula lutea yang ditemukan untuk menyaring sinar UV yang berbahaya memasuki retina. Studi menunjukkan bahwa tanaman herbal dalam manfaat sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya antioksidan zea xanthin, akan membantu melindungi dari penyakit yang berkaitan dengan usia makula (AMRD), terutama pada orang tua.
  6. Setiap 100 g manfaat daun kemangi segar mengandung 5.275 mg atau sekitar 175% dari dosis harian dalam vitamin A. Manfaat vitamin A dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan. Hal ini juga diperlukan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit. Konsumsi makanan alami yang kaya akan vitamin A, telah ditemukan untuk membantu tubuh melindungi dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.
  7. Ramuan daun kemangi mengandung sejumlah mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase.
  8.  Daun kemangi merupakan sumber yang sangat baik dari zat besi, yakni sekitar 3.17 mg / 100 g daun segar (sekitar 26% dari RDA). Zat besi, menjadi komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah, yang menentukan kapasitas pembawa oksigen dalam darah.
  9.  Vitamin K dalam kemangi sangat penting untuk banyak faktor dalam darah dan memainkan peran penting dalam fungsi tulang, termasuk penguatan tulang dengan membantu proses mineralisasi pada tulang.
  10. Pencegahan Jerawat. Manfaat daun kemangi mencegah timbulnya jerawat karena mereka memurnikan darah dengan membuang racun. Daun kemangi mengandung zat anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat diterapkan sebagai pasta dari daun untuk mencegah peradangan.
  11. Pencegahan Komedo. Daun kemangi juga mencegah munculnya komedo. Daun kemangi pada sisi bagian atas ditempatkan di setiap sisi hidung  selama 5 menit. Setelah itu, dilepas dan cuci muka.
  12. Pengobatan Infeksi Kulit. Karena sifatnya yang anti bakteri, anti biotik dan anti jamur properti sehingga daun kemangi dapat membatasi pertumbuhan bakteri seperti E coli dan B anthracis yang menyebabkan infeksi kulit. Pengobatan yang disiapkan dengan menggiling dan merebus 200-250 gram daun kemangi dengan kuantitas yang sama dari minyak biji wijen dapat diterapkan pada kulit untuk menyembuhkan gatal-gatal. Campuran daun kemangi dan jus lemon juga dapat diterapkan pada kulit untuk mengobati kurap.
  13. Mencegah Rambut Beruban. Untuk tujuan ini, rendam daun kemangi kering bubuk dan bubuk amla dalam air semalam dan cuci rambut dengan ramuan ini keesokan harinya. Hal ini untuk mencegah beruban rambut serta rambut rontok.
  14. Pencegahan Rambut Rontok. Rambut rontok adalah masalah umum yang yang dapat terjadi karena gatal kulit kepala. Pasta dari daun kemangi yang ditambahkan ke minyak rambut dan diterapkan pada kulit kepala akan menjaga kulit kepala tetap dingin, mengurangi gatal dan meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala.
Baca juga Tips dan Inspirasi Berkebun lainnya:
Sekian artikel mengenai Banyak Makan Daun Kemangi, Karena Banyak Manfaatnya Lhosemoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
    Diolah dari berbagai sumber