Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman Pengusir Nyamuk-Terlintas di benak, memiliki kebun sama dengan beternak nyamuk!. Jumlah Nyamuk yang banyak adalah salah satu efek samping yang harus diterima ketika kebun kita semakin penuh dengan tanaman. Bukan hanya gara-gara air yang menggenang, tapi nyamuk-nyamuk tersebut akan banyak hinggap di daun, dan bersembunyi disana. So, ketika kita “nyambangi” kebun, maka nyamuk-nyamuk akan terusik dan berterbangan, yang artinya “satnya makan-makan,…. he he he”

Mengurangi populasi nyamuk dengan obat semprot kimia? sepertinya itu bukanlah ide yang bagus, karena akan bertentangan efeknya dengan tanaman yang ada di kebun kita. Nyamuk kabur, tanaman juga bisa wassalam.

Solusinya adalah menanam tanaman pengusir nyamuk di kebun kita, sebagai salah satu usaha untuk mengurangi populasi mereka. Menanam beberapa macam tanaman pengusir nyamuk dan di tempatkan di sela-sela tanaman utama akan berfungsi efektif untuk mengurangi nyamuk. Ketika nyamuk ogah datang, mereka tidak akan berkembang biak disana, sehingga jumlah nyamuk juga bisa kita tekan.

Beberapa Tanaman Pengusir Nyamuk yang bisa kita pakai

1. Lavender
Tanaman Pengusir Nyamuk
Tanaman Pengusir Nyamuk
Sudah bukan rahasia lagi bahwa bunga Lavender adalah salah satu tanaman yang tidak disukai nyamuk. Bahkan banyak produsen obat nyamuk yang menggunakan extrak bunga lavender ini sebagai bahan bakunya.
Bunga Lavender memiliki aroma wangi dan mengandung zat linalool dan lynalyl acetate. Nah dua zat inilah yang tidak disukai nyamuk.

2. Serai Wangi
serai wangi
Tanaman Pengusir Nyamuk
Serai wangi yang biasanya dipakai untuk bumbu masak dan bahan pencampur jamu, ternyata dapat dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk karena mengandung zat geraniol, metilheptenon, terpen, terpen-alkohol, dan asam-asam organik yaitu sitonelal.
Zat sironelal ini memiliki racun kontak sehingga nyamuk dapat kekurangan air.

3. Zodia
Tanaman Pengusir Nyamuk
Tanaman Pengusir Nyamuk
Zodia akan mengeluarkan aroma bila daun-daunnya saling menggosok. Letakkan tanaman di sekitar tanaman lain yang ada di kebun, dan jika tanaman Zodia ini tertiup angin, aroma yang cukup wangi pun keluar.

Yang perlu di perhatikan adalah, tanaman zodia akan mati bila langsung terkena sinar matahari, namun bila kurang sinar matahari justru pertumbuhannya tidak sehat. Tanaman ini akan tumbuh subur bila dikembangkan di daerah yang cukup dingin.

4. Geranium
Tanaman Pengusir Nyamuk
Tanaman Pengusir Nyamuk
Geranium atau Tapak Dara tumbuh liar disekitar sawah dan digunakan untuk mengusir nyamuk dan ngengat. Sebagai tanaman pengusir nyamuk, Geranium ditanam di kebun dan di letakkan di antara tanaman lain, lalu daunnya bergoyang-goyang karena tertiup angin, lalu keluar bau wangi yang khas.

Bau tersebut berasal dari kandungan yang dimiliki geranium, yakni zat citronella yang ampuh untuk mengusir nyamuk.

Ke-empat jenis tanaman diatas hanyalah beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa dijadikan alternatif. Masih banyak tanaman-tanaman lain yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk di kebun kita.

So, tunggu apa lagi? Segera saja di coba menanam tumbuhan diatas, daripada kita selalu Donor Darah tiap kali ke kebun.

Baca juga Tips dan Inspirasi Berkebun lainnya:
Sekian artikel mengenai Tanaman Pengusir Nyamuksemoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.