Media Tanam yang Bagus untuk Budidaya Cabe dan Sayuran





Media Tanam yang Bagus untuk Budidaya Cabe dan Sayuran - Media tanam merupakan hal pokok dan sangat penting dalam budidaya tanaman. Dalam hal budidaya tanaman organik, maka penggunaan bahan campuran untuk media tanam juga harus organik. Bahan organik tersebut yaitu berupa kompos.

Cara membuat media tanam organik yaitu dengan mencampur tanah pekarangan dengan kompos dengan perbandingan antara 1:2 hingga 1:1. Campuran tanah dan kompos tersebut kemudian dimasukkan ke dalam karung untuk menanam cabe dan sayuran lainnya. Selain itu, media tanam ini juga bisa digunakan sekaligus untuk persemaian benih sebelum tanam.
https://images-blogger-opensocial.googleusercontent.com/gadgets/proxy?url=http%3A%2F%2Ftanamanbonsai.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2015%2F06%2Fmedia-tanam-pasir.jpg&container=blogger&gadget=a&rewriteMime=image%2F*
Media Tanam Organik

Kompos yang kami gunaka untuk media tanam ini,yaitu berupa bahan2-bahan orgnik hasil proses fermentasi bahan-bahan organik di sekitar kita.
Bahan-bahan organik yang di gunakan untuk membuat kompos:
Bahan
  •     Pupuk kandang
  •     Sekam padi bakar
  •     Serbuk gergajian, dan
  •     Sampah daun
Langkah-langkah
  • Seluruh bahan kami fermentasi menggunakan mikroorganisme EM4 dan tetes tebu atau larutan gula. Proses fermentasi ini berlangsung antara 7 hingga 10 hari.
  • Dari proses fermentasi tersebut akan menghasilkan kompos yang bagus untuk pupuk organik buidaya cabe dan sayuran organik di halaman dan pekarangan rumah.
Kandungan unsur hara kompos tersebut tergolong lengkap, yaitu N, P, K, Ca, dan Mg, serta unsur hara mikro lainnya.Unsur hara tersebut sangatlah cukup untuk dijadikan sebagai pupuk tanaman sehingga tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik hingga menghasilkan buah dan sayuran yang sehat dan berkualitas.
Baca juga Tips dan Inspirasi Berkebun lainnya:
Sekian artikel mengenai
Media Tanam yang Bagus untuk Budidaya Cabe dan Sayuran semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.