Desain Tanaman Tumpah dari Pot

Mendesain Tanaman Agar “Tumpah” dari Pot
  
Desain Tanaman Tumpah dari PotPernah dengar spilled flower pot? Atau barangkali melihat pot yang seolah-olah menumpahkan tanaman? Itulah yang dimaksud dengan spilled flower pot atau dikenal juga sebagai pot tumpah. Nama tersebut didapat dari kesan yang muncul dari penempatan pot yang miring dan dikelilingi oleh tumbuhan. Apa sudah terbayang?




Foto: boredpanda
Pot tumpah tersebut jelas dapat mempercantik taman dan menjadi ajang kreativitas bagi pemilik rumah. Kesan “tumpah” tersebut dapat dimunculkan dengan bermacam benda yang membuat tampilan taman semakin unik. Ada yang menggunakan pot tanaman biasa, pot yang telah rusak, atau benda lain, seperti guci dan teko.

Untuk membuatnya pun tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu mencoba dan mengkreasikannya. Pertama, pilihlah tempat untuk meletakkan pot tumpah di taman. Tempat tersebut akan lebih baik bila mudah dilihat oleh orang lain sehingga tujuan menghias taman tercapai. Perhatikan pula jenis dan kebutuhan tanaman, apakah tumbuhan tersebut jenis yang membutuhkan sinar matahari langsung atau justru tempat yang teduh. Bila di tempat yang teduh, tumbuhan dapat ditanam dekat pohon atau tempat yang mendapat bayangan.

Setelah lokasi, siapkan pot untuk memberikan kesan tumpah. Pilih pot dengan bagian atas yang lebar, bisa juga dengan pot bekas atau yang sudah rusak sekalipun. Anda dapat mempercantik pot tersebut dengan mengecatnya kembali sehingga terkesan baru. Siapkan juga tumbuhan yang nanti akan ditanam. Untuk tumbuhan, pilih dengan warna-warna yang terang, seperti merah atau ungu. Agar pot tumpah dan tanaman tersebut dapat menarik perhatian, sebaiknya salah satu dari keduanya hadir dengan warna yang cerah.

Berikutnya, tanam setengah ukuran pot atau kurang ke dalam tanah dan posisikan pot secara miring. Bila Anda menggunakan pot yang sudah rusak, pastikan bagian tersebut tertutupi atau tertanam. Pot sebenarnya tidak harus selalu ditanam, tergantung penataan dan media yang dipilih sebagi pot. Selanjutnya, siapkan tanah dan pupuk lalu tanam tumbuhan di sekeliling pot tersebut untuk menciptakan efek tumpah yang diinginkan. Jangan lupa tanam juga sebagian tumbuhan tersebut di bibir pot agar kesan tersebut semakin kuat.

Tanam tumbuhan dengan cara yang biasa dilakukan. Begitu pun dengan perawatannya. Saat bunga bermekaran, akan terlihat seolah pot tersebut menumpahkan bermacam bunga atau tumbuhan cantik di taman!

Baca juga Tips dan Inspirasi Berkebun lainnya:
Sekian artikel mengenai Desain Tanaman Tumpah dari Potsemoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.