5 Tanaman yang Cocok Untuk Berkebun di Lahan Sempit

5 Tanaman yang Cocok Untuk Berkebun di Lahan Sempit-Urban farming atau berkebun di daerah perkotaan saat ini begitu populer dan mempengaruhi banyak orang untuk ikut serta menanam tanaman yang layak dikonsumsi di lahan perkotaan yang terbatas. Ternyata keterbatasan lahan bukanlah menjadi suatu penghalang bagi para pehobi tanaman untuk berkebun dan memetik hasilnya suatu hari nanti. Berkebun bagi sebagian orang tidak hanya hobi tapi juga salah satu bentuk tindakan mendukung ketahanan pangan, namun juga memiliki kepuasan batin tersendiri bagi yang menekuninya dengan serius. Sebelum memutuskan untuk berkebun di lahan sempit perkotaan, ada baiknya kita mengetahui beberapa jenis tanaman yang cocok ditanam di lahan pekarangan rumah di perkotaan.

1. Selada

Selada merupakan sayuran yang memiliki kandungan mineral penting seperti fosfor, zat besi, iodium, seng dan potasium dan sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Anda dapat menanam selada di pekarangan rumah dengan menggunakan polybag atau pot. Rendamlah benih selada dalam air hangat selama semalam dan semailah pada tempat persemaian yang telah disiapkan. Setelah satu minggu, pindahkan benih selada ke polybag atau pot yang telah berisi tanah subur.

2. Sawi
Sayur sawi merupakan salah satu sayuran yang cukup populer karena banyak dijadikan sebagai sayuran pelengkap dalam olahan masakan nusantara. Sawi mengandung vitamin A, B, C, E dan K serta zat lain seperti kalsium, zat besi, folat dan magnesium. Seperti selada, sawi hijau juga dapat ditanam pada lahan sempit dengan menggunakan pot atau polybag. Rawatlah tanaman sawi Anda dan rasakan manfaatnya saat memanen sawi yang telah siap panen.

3. Bayam

Sayuran yang menjadi makanan favorit Popeye sang tokoh kartun legendaris ini sangat kaya akan betakaroten serta vitamin C sehingga bayam dapat menjadi antioksidan yang baik untuk tubuh. Bayam memiliki banyak manfaat seperti mencegah kanker, jantung koroner, anemia dan menjaga kesehatan mata. Anda dapat membeli benih bayam di toko pertanian. Umumnya, para pehobi urban farming menggunakan pot pipa paralon yang telah dimodifikasi untuk mensiasati lahan sempit.

4. Kangkung
Sayuran lezat ini juga kaya akan zat yang bermanfaat untuk tubuh. Seperti halnya bayam, kangkung dapat juga ditanam dengan menggunakan media pot pipa paralon yang telah dilubangi dan dimodifikasi sehingga tidak terlalu menghabiskan lahan di rumah Anda.

5. Cabai rawit

Siapa yang tidak kenal tanaman populer ini? Cabai rawit merupakan tanaman yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia karena banyak digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan nusantara. Anda dapat membeli benih cabai rawit di toko pertanian atau membuatnya sendiri. Tanamlah cabai rawit di dalam pot dan rawatlah hingga menghasilkan buah cabai. Ada banyak jenis tanaman lainnya yang dapat ditanam pada lahan sempit. Namun kelima tanaman diatas merupakan yang umum dan sangat mudah ditanam di lahan sempit di perkotaan. Rasakanlah asyiknya berkebun dan memetik hasil tanaman Anda sendiri. Selain membantu meringankan biaya dapur, tanaman dari hasil kebun Anda juga dipastikan bebas dari pestisida dan 100% organik.

Sekian artikel mengenai 5 Tanaman yang Cocok Untuk Berkebun di Lahan Sempit, semoga bermanfaat