Membuat Pupuk Organik cair dari Kulit Pisang

Pupuk Organik dari Kulit Pisang - Suka pisang bukan?  heheheh samalah  kita..!! pisang adalah buah-buahan dengan bentuk memanjang dan lunak pada bagian dalamnya ini sangat umum di jumpai di sekitar kita. Harganya yang cukup murah dan gampang didapatkan inilah menjadi primadona masyarakat sebagai pencuci mulut.



Nah, selama ini kita hanya memakan isi atau buah dari pisangnya saja bukan, bagaimana dengan si kulit pisangnya? biasanya pasti  kita buang bukan? Tapi kalian harus tau Ternyata kulit pisang dapat dimanfaatkan untuk pupuk organik loh. Mau tau gimana cara membuatnya ?? yuk disimak langkah-langkah kerja dibawah ini:

Beberapa hal yang tentunya harus kita siapkan.

Alat dan bahan :

  1. Botol bekas air minum mineral
  2. Gula pasir
  3. Air
  4. Kulit pisang

Cara pembuatannya :

  1. Bersihkanlah botol bekas air mineral tadi dengan air, apalagi botol bekas yang bersoda maka harus benar-benar dibersihkan terlebih dahulu ya.
  2. Potonglah kecil-kecil kulit pisang (atau lebih baik di blender) agar nantinya bisa masuk ke dalam botol dengan mudah.
  3. Masukkanlah gula pasir ke botol. Untuk ukuran 250 ml masukkan 1 sdm, tapi jika ukuran botolnya 1500 ml masukkan 2 sdm ya.
  4. Kocokkan air dan gula agar larut
  5. Masukkan potongan kecil-kecil (blender) potongan kulit pisang tadi kedalam campuran air gula
  6. Kemudian tambahkan air sampai batas leher dari botol tersebut. Bila perlu tambahkan EM4.
  7. Tutup rapat botol ini kurang lebih 7-10 hari.
  8. Setiap hari botol dibuka lalu ditutup kembali, untuk mengeluarkan gas yang ada di dalamnya
Manfaat dari pupuk cair dari kulit pisang ini ternyata dapat membuat pupuk secara organik untuk tanaman-tanaman yang ada di rumah kita. Kulit pisang yang dijadikan media fermentasi mikroorganisme Bacillus ini nantinya akan menghasilkan enzim xylanase yang bermanfaat bagi tanaman. kulit pisang  ini juga merupakan bahan organik yang mengandung unsur-unsur kimia seperti magnesium, sodium, fosfor, sulfur yang dapat membantu penyuburan tanah dan tanaman.

Bukan hanya bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik, namun cairan dari kulit pisang yang sudah difermentasi ini juga bisa digunakan untuk membersihkan saluran di Toilet atau closed manusia di septictank rumah anda. Jadi bakteri bakteri ini nantinya akan menguraikan kotoran manusia dan merubahnya menjadi cair dan membuat WC atau Closed kita tidak menyumbat.
Sekian dulu artikel mengenai cara Membuat Pupuk Organik cair dari Kulit Pisang
Semoga bermanfaat