Pupuk organik alami yang berada disekitar kita

Pupuk organik alami yang berada disekitar kita - Dengan mengetahui bahaya penggunaan bahan kimia pada produk makanan, Banyak dari kita mencoba untuk hidup melalui gaya hidup alami dan sehat. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan tidak menggunakan atau setidaknya mengurangi pemakaian bahan kimia dalam kehidupan kita terutama untuk produk makanan. Tapi banyak dari kita tidak berpikir tentang hal ini, karena ketika mereka merawat dan memelihara tanaman, mereka cenderung memilih penggunaan bahan kimia untuk tanaman mereka, dikarenakan lasan praktis dan mudah untuk didapatkan.

Tapi dengan sedikit pemikiran dan lebih kreativitas, maka untuk mengurangi penggunaan bahan kimia untuk tanaman kita maka kita dapat memanfaatkan bahan alami dn organik yang ada disekitar kita. Karena dengan penggunaan bahan organik maka kita juga menyumbang kelestarian lingkungan untuk jangka panjang.

Sebenarnya ada banyak penggunaan bahan-bahan alami yanga ada disekitar kita hanya sekedar untuk pemupukan dan menyingkirkan hama di kebun tanpa harus menggunakan bahan kimia. Maua tau bahan apa saja yang bisa dijadikan pupuk alami untuk tanaman kita ?? Yuk kita simak penjelasannya dibawah ini:

Pupuk alami yang ada disekitar kita
Saya akan mulai dengan beberapa pupuk yang mudah didapatkan namun Anda mungkin tidak memikirkan.

1. Endapan kopi yang tidak terminum
Pasti kalian pernah ngopi kan, hemmmmm setelah anda teguk semua airnya pasti selalu menyisakan bubuk endapannya. Endapan kopi inilah yang bisa dijadikan pupuk alami buat tanaman anda, mau tau gimana cara aplikasinya:
1. Dimasukkan sisa kopi pagi anda beserta endapannya ke dalam botol plastik bekas. Kemudian tambahkan 2 cangkir air dan siram di kebun Anda sekali seminggu. Dengan meakukab ini maka tanaman anda akan mendapatkan unsur hara alami berupa magnesium, kalium dan nitrogen dari limbah kopi tersebut.


2. Air Cucian Ikan
Ketika ibu anda membeli ikan dipadar, pasti sebelum memasaknya mereka terlebih dahulu membersihkan ikan tersebut dengan air.  Air yang digunakan untuk membersihkan ikan ini dapat kalian tampung kemudian kalian bawa ke kebun tanaman anda dan siramkanlah di sekitar tanaman tersebut. Dengan melakukan ini maka kebutuhan nitrogen dan nutrisi lainnya untuk tumbuh kembang tanaman dapat terpenuhi dengan baik. .

3. Cangkang Telur
Setelah kita memasak telur kita selalu membuang cangkangnya setelah selesai masak bukan. Mulai sekarang kumpulkanlah cangkang telur tersebut, kemudian pecahkan sampai halus kemudian pecahan ini bisa anda taburkan disekitar tanaman anda.  Cangkang telur terdiri hampir Sepenuhnya kalsium karbonat, bahan utama dalam kapur pertanian. Sehingga akan sangat bermanfaat untuk tanaman

4. Abu Perapian
Kita sering sekali mengadakan acara-acara kecil dan kegiatan utamanya adalah membakar ayam, jagung daging dan lainnya, namun untuk menambah suasana yang harmonis maka kita membakar sendiri bahan tersebut dengan menggunakan kayu bakar. Setwlah acara selasai maka abu pembakaranlah yang tersisaAbu perapian dapat digunakan untuk menggantikan pupuk taman dan kapur. Mereka anche tinggi kalium. Taburkan abu perapian Anda lebih tempat tidur taman Anda, dan bekerja ke dalam tanah.
Catatan: Perapian abu Sebaiknya tidak digunakan jika tanah Anda adalah basa

5. Kulit pisang
Ternyata kulit pisang ini juga bisa lo dijadikab sebagai pupuk tanaman. Jadi mulai sekarang Jangan membuang kulit pisang Anda lagi. Kulit pisang ini berguna untuk tanaman karena memiliki unsur kalium yang cukup tinggi.

6. Limbah Teh
Ternyata Ampas teh ini juga sangat berguna juga lo untuk tanaman kesayangan kita. Anda dapat menggunakan kantong teh dan limbah teh ini untuk memelihara semua tanaman di kebun Anda.

7. Susu
Susu dicampur dengan air dengan perbandingan 1 susu dan 4 air, dengan menggunakan susu ini maka kita akan memberikan tanaman Anda bahan yang memgandung protein dan nitrogen. Anda dapat memberi pupuk tanaman Anda dengan susu ini sekali setiap minggu. Cara yang bagus untuk menggunakan  susu ini adalah ketika susu ini sudah rusak dan basi.

Sekian artikel mengenai Pupuk organik alami yang berada disekitar kita, semoga bermanfaat.