Membuat Alat untuk lubang tanam praktis dan mudah

Saat musim tanam datang, maka untuk menanam satu atau lebih bedengan maka akan menguras waktu  dan tenaga. Selain pekerjaan menanam, pekerjaan yang melelahkan lainnya adalah membuat lubang tanam itu sendiri. Jika hanya sepetak tanah yang akan kita tanam maka ini mungkin bukan masalah, tapi jika satu hektar maka pasti akan membuang banyak waktu anda. Untuk membuat satu lubang tanam maka kita perlu menancapkan kayu runcing ke bedengan kita secara satu per satu dan akan ada banyak kayu yang harus kita tancapkan hanya untuk satu petak bedengan.

Namun anda tidak perlu kawatir, karena  saya akan memberi trik cara membuat lubang tanam praktis untuk kegiatan berkebun anda, dengan memggunakan alat ni maka anda hanya perlu sekali menancapkan alat ini untuk 30-50 tanaman sekaligus, gimana menarik bukan. Yuk kita simak cara membuatnya.

1. Alat dan bahan yang di perlukan yaitu: kayu gipsun atau papan, sekrup 3/4 inci, lem, kayu bulat diameter 1 inci (bisa juga lem bakar)

2. Cara membuat:

Potonglah gipsun atau kayu papan sesuai keinginan anda, semakin lebar dan panjang maka semakin banyak lubang yang bisa anda buat.
ukurlah gipsun atau papan dengan ukuran 2x2 inci kemudian beri tanda dengan menggunakan pena ataupun pensil.
potonglah potongan kayu dengan ukuran i inhci kemudian sedikit runcingan ujungnya, ujung runcing ini berfungsi untuk melubangi tanah.
masukkanlah sekrup ke tiap titik garis yang kita buat tadi di papan, setelah sekrup menembus papan maka masukkan juga potongan kayu yang kita runcingkan tadi. Setelah potongan kayu terpasang di sekrup maka gunakanlah lem untuk merekatkannya dengan baik dan tidak gampang goyang dan tanggal. Untuk langkah selanjutnya maka anda bisa mengulang langkah pertama tersebut. Gunakan langkah ini sampai semua terpasang dengan baik dan benar. Selain untuk membuat lubang tanam pada bedengan, alat ini juga berguna untuk membuat lubang tanam untuk menyemai, karena saay menyemai maka sering sekali tanaman mengumpumpul jadi satudan dapat merusak akar tanaman tersebut dan dapat merusak bakal bibit itu sendiri.
Kemudian tambahkan beberapa pegangan tangan menarik di sisi belakang untuk menekan papan ke dalam tanah untuk menciptakan 1 "lekukan ke dalam tanah untuk bibit Anda.

Sekian artikel mengenai Membuat Alat untuk lubang tanam praktis dan mudah, semoga bermanfaat.