Hidroponik cabe sistem sumbu kompor /wick sistem


Hidroponik cabe sistem sumbu kompor/ sistem wicks - Menanam cabe secara hidroponik mungkin sudah banyak di bahas, namun pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memberi gambaran tentang sistem hidroponik cabe dengan mengadopsi cara kerja sumbu kompor, yang mana sistem hidroponik cabe ini sering disebut hidroponik sistem wicks. 

Copyright by homehydrosystems.com


Penanaman cabe secara hidroponik ini tidak jauh beda prosesnya dengan menanam secara konvensional, baik dalam pembibitan cabe, penyemaian maupun dalam menanam. yang membedakan hanyalah pada pemeliharaan dan pemberian pupuknya saja, dengan sistem hidroponik keuntungannya adalah kita tidak perlu repot dalam menyiram tanaman cabe.

Penyemaian cabe untuk hidroponik
Penyemaian cabe untuk hidroponik tidak ada beda dengan penyemaian cabe yang menggunakan media tanah. Berikut ini tahapan penyemaian cabai
1.  Rendam cabe yang akan disemai. Perendaman dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan kecambah, selain itu dapat kita seleksi mutu benih cabe yang nanti nya akan mengalami pertumbuhan sempurna. Yaitu untuk biji cabe yang terapung, kita singkirkan saja atau kita buang. Sebaiknya dalam melakukan perendaman cabe diberikan pula zat pengatur tumbuh ( ZPT ) guna mempercepat pertumbuhan cabe.
2.  Setelah dilakukan perendaman, bungkus cabe dengan kain basah selama seharian. Perlakuan ini dimaksudkan untuk mempercepat proses cabe dalam berkecambah. Sifat basah dan gelap mendorong kecambah untuk melakukan fototropi positif yaitu suatu gerakan untuk mencari cahaya.
3.  Setelah kecambah muncul kemudian lakukan menyemaian. Pemyemaian bisa menggunakan tempat semai yang bisa anda beli di toko pertanian atau menggunakan wadah plastik yang telah diberi media berupa sekam bakar atau coco peat.
Itulah sekilas proses semai cabe untuk sistem hidroponik yang tidak jauh beda dengan sistem menanam cabe pada umumnya 

Tahap penanaman cabe hidroponik cabe sistem sumbu
Sistem hidroponik cabe yang mengadopsi sistem sumbu kompor ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai lahan terbatas dan sistem ini tidak memerlukan biaya yang mahal, anda bisa menggunakan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai. Adapun bahan dan peralatan yang diperlukan untuk menanam cabe secara hidroponik dengan sistem wick adalah sebagai berikut :
1.  Styrofoam dengan tebal minimal 2 cm
2.  Ember plastik 
3.  Pot plastik

Langkah-langkah penanaman cabe hidroponik dengan sistem wicks
1. Buat Styrofoam berbentuk lingkaran / kotak, kemudian lubangi Styrofoam seukuran pot.
2. Lubangi pot.
3. Siapkan media tanam berupa coco peat dan sekam dengan perpandingan 1:1, Siapkan pula bibit dari persemaian yang sudah siap tanam.
4. Masukkan media tanam kedalam pot dan selanjutnya masukkan bibit yang siap tanam tadi.
Itulah sekilas cara menanam cabe dengan sistem sumbu kompor atau sistem wick. Trik menanam cabe dengan sistem ini bisa juga dijadikan hiasan di depan rumah anda. 
Selamat mencoba..