Cara Terbaik Memberi Tanaman Makan Yang Baik dan Benar


Cara Memberi Makan Tanaman Yang Baik dan Benar- Bedeng kebun harus ditutup dengan kompos setidaknya 2 minggu sebelum proses penanaman. Kompos dapat dibolak-balik tipis dalam tanah jika belum ada tanaman yang ditanam, atau biarkan saja kompos itu berada di atas tanah.Setelah 1 atau 2 minggu dari masa penanaman, bisa ditambahkan kompos lagi. Usahakan agar penambahan kompos ini tidak mengganggu perakaran tanaman nantinya.

Setelah memberi kompos, maka selanjutnya yaitu tambahkan satu lapisan mulsa yang tebal. Beri pupuk cair pada bedeng kebun setiap 1 atau 2 minggu, tetapi pastikan untuk mencampurnya dengan air terlebih dahulu. Ada banyak cara untuk memberi pupuk pada lahan. Semua itu terserah Anda untuk memutuskan metode mana yang paling sesuai. Gunakan EM (Effective Micro-organisms) untuk melengkapi teknik perbaikan tanah. Hal-hal di atas akan meningkatkan kualitas tanah, struktur tanah, dan juga unsur hara sehingga tersedianya makanan cukup bagi tanaman.

Copyright by RedWormComposting.com

Pengairan

Melakukan penyiraman di waktu pagi hari atau sore hari. Pagi hari atau sore hari merupakan saat yang baik karena penyiraman di malam hari akan memicu per dapat meresap ke dalam tanah itu sendiri sehingga air akan terbuang secara percuma.masalahan jamur, sedangkan penyiraman di siang hari matahari akan menguapkan banyak air sebelum air itu

Membuat pinggiran kebun akan membantu untuk menahan kelebihan banyak air dalam tanah. Gunakan batuan bambu, kayu atau bahan lain, sebagai penahan tanah tersebut agar tidak longsong terkena air hujan
Pemulsaan akan melindungi tanah dari terik matahari dan juga mencegah penguapan air. Ini akan menurunkan suhu tanah dan jumlah air yang diperlukan untuk bedeng kebun.

Membuat penahan angin di sekitar bedeng kebun akan menghemat banyak air.Angin membuat daun tanaman menjadi mengering dan kehilangan air sehingga tanaman menggunakan lebih banyak air dari dalam tanah. Berkurangnya angin berarti berkurangnya kebutuhan air.

Menyiram dengan pipa. Botol bekas air banyak sekali terdapat di sekitar kita dan membakar botol-botol air itu akan menyebabkan polusi. Suatu cara yang baik untuk memanfaatkan kembali botol-botol itu adalah dengan membuatnya menjadi pipa untuk menyiram, yang dibuat sedemikian rupa untuk mengairi tanah bagian dalam. Bambu dapat juga dimanfaatkan sebagai pipa, khususnya untuk pohon buah-buahan.
Manfaat pengairan dalam, antara lain:
  1. Berkurangya penguapan karena air dimasukkan ke dalam tanah, bukan di permukaan tanah.•
  2. Air dapat dikonsentrasikan pada akar tiap tanaman.•
  3. Hanya sedikit air yang dimanfaatkan.•

Pipa air itu dapat juga dimanfaatkan untuk memberi komposcair pada tanaman.6. Bedeng kebun yang dicangkul dan rendah akan lebihmenghemat banyak air dibanding bedeng yang ditinggikan,khususnya di daerah-daerah yang sangat kering.