Penting !!!! Cara pemupukan pupuk daun yang benar


Pupuk daun merupakan pupuk buatan pabrik yang penggunaannya di semportkan ke daun. akan tetapi saya lihat kebanyakan petani asal saja menyemprotkan pupuk daun baik waktu maupun caranya. Hal ini kadang menjadikan pupuk yang digunakan kurang efektif dan banyak yang terbuang percuma. Kesalahan yang terjadi menjadikan daun kurang menyerap pupuk yang diberikan sehingga tanaman tidak terlihat perubahannya setelah dipupuk ataupun tidak. Bagaimana cara pemupukan pupuk daun yang benar sehingga menjadikan tanaman sehat dan kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi. 


Pada intinya cara pemupukan pupuk daun baik cara pemupukan cabe, cara pemupukan tomat atau tanaman lainnya adalah sama saja 

Copyright saosis.com

macam pupuk yang di jual di pasaran
Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemupukan melalui daun. Karena bukan tidak mungkin kita salah mengaplikasikan pupuk yang menjadikan tanaman merana. Dipasaran ada 2 jenis pupuk yang di perjualbelikan yaitu pupuk daun untuk pertumbuhan vegetatif dan juga pupuk daun untuk pertumbuhan generatif. Namun sebenarnya masih banyak , tidak hanya 2 jenis pupuk daun saja yang dipasarkan, ada juga pupuk daun untuk memberikan nutrisi unsur-unsur mikro. Tapi saya rasa itu kurang perlu dilakakuan karena kadang unsur mikro yang terkandung dalam pupuk daun biasanya sudah tersedia. Jadi usahakanlah anda melihat label dari pupuk daun tersebut dan lihat apakah ada unsur hara mikro nya selain Nitrogen, Posfor dan KKalium nya ( NPK ). 

Pupuk Daun Vegetatif
adalah pupuk yang dikhususkan untuk perkembangan vegetatif seperti pertumbuhan dan batang dan akar. Biasanya pupuk ini mengandung lebih banyak unsur Nitrogen dibandingkan Posfor dan juga Kalium dan diaplikasikan saat tanaman mulai tumbuh daun baru dan batang baru. 

Pupuk Generatif
adalah pupuk yang dikhususkan untuk tanaman mulai berbunga atau berbuah. Sifat kerja dari pupuk ini adalah meningkatkan dan mempertahankan produktivitas tanaman terutama dalam bobot buah, buah tahan terhadap goncangan ( Tidak mudah jatuh) dan juga lain-lain

Cara Pemupukan pupuk daun yang baik
Untuk melakukan pemupukan dengan cara penyemprotan pupuk daun baik itu masa vegetatif atau masa generatif ada beberapa hal yang perlu anda ketahui agar pupuk yang digunakan lebih efesien dan juga efektif. 

Daun sebagaimana kita ketahui memiliki mulut daun atau sering disebut stomata yang berada di bawah lapisan daun ( bukan diatas daun ). Stomata ini memiliki perilaku menutup dan juga membuka yang secara mekanis diatur oleh tekanan yang disebut dengan turgor dari sel-sel penutup Jika tekanan tugor meningkat, maka stomata akan membuka, sebaliknya apabila tekanan tugor menurun, maka stomata atau mulut daun akan menutup. Salah satu yang mempengaruhi tekanan turgor sehingga menjadikan stomata tertutup dan terbuka adalah banyaknya air yang terbuang lewat penguapan daun. Biasanya tekanan turgor akan naik jika cuaca tidak panas atau matahari tidak terik yang menjadikan mulut daun atau stomata membuka. Dan kebalikannya disaat kondisi panas dan terik maka stomata akan menutup pula

Dari keterangan diatas maka kita tarik benang merahnya bahwa pemupukan yang baik adalah pemupukan yang dilakukan pada pagi hari disaat matahari belum panas dan bisa juga dilakukan pada sore hari disaat matahari mulai terbenam karena saat itu stomata lagi terbuka dan zat-zat makanan yang berada disitu akan ikut terserap yang mana sangat dibutuhkan oleh tanaman itu untuk petumbuhan. Yang kedua adalah lakukanlah penyemprotan pupuk daun ke arah daun bagian bawah bukan bagian atas, karena stomata berada dibawah daun bukannya diatas daun.

Baca juga:
Itulah sekilas mengenai cara melakukan penyemprotan pupuk daun yang benar sehingga pupuk yang kita berikan benar-benar dapat diserap oleh tanaman untuk pertumbuhannya.