Cara Menanam & Merawat Bunga Mawar Teknik Stek di Pot



Jenis dan macam-macam bunga mawar sangat beragam dan juga berfariasi sehingga bunga ini adalah tanaman hias yang banyak dipilih sebagai hiasan rumah karena bentuk dan keindahannya. keindahan bunga mawar yang paling menonjol tentu saja di lihat dari keindahan fisiknya, ciri kusus tumbuhan mawar ini dapat  dilihat dari bentuk dan wangi khasmya yang begitu menyegarkan. Mawar bisa saja anda tanam di halaman rumah atau dapt pula anda tanam di daam pot. Cara menanam bunga mawar ini juga tidak boleh sembarangan, karena anda harus tahu teknik dan cara yang tepat untuk menanam bunga mawar ini. karena jika sembarangan maka kemungkinan besar mawar yang anda tanam akan layu dan kemudian mati. Selain tata cara menanam yang benar, anda juga harus tahu cara merawat bunga mawar sehingga menghasilkan bunga seperti gambar bunga mawar merah cantik ini hehehe...

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan bibit bunga mawar. Setelah menyediakan bibit bunga mawar, maka siapkan juga pot untuk menanamnya. Pot yang anda gunakan bisa terbuat dari tanah liat, plastik, semen ataupun keramik. Tergantung dari selera anda tersebut, sesuaikan ukuran pot yang anda inginkan. Setelah itu, siapkan juga tanah. Tanah yang bagus untuk menanam bunga mawar adalah tanah yang berwarna hitam dan gembur, lebih bagus lagi jika tanah tersebut adalah tanah bekas pembakaran. Setelah itu siapkan juga pupuk kompos atau pupuk kandang namun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Penggunaan pupuk dan tanah ini harus disesuaikan dengan jenis bunga mawar yang anda tanam nanti.

Stek mawar dilakukan pada bagian tangkai mawar yang sudah tua dengan memotongnya sepanjang 4-6 cm menggunakan alat potong yang tajam dan bersih. Media tanam yang digunakan untuk stek bunga mawar adalah tanah murni tanpa tercampur dengan pupuk, sebab tanah yang mengandung pupuk dapat menghambat pertumbuhan batang mawar yang akan distek nantinya.

Gunakan polybag berukuran seperempat kilo dan isi dengan tanah untuk proses penanamannya. tancapkan potongan tangkai mawar tersebut dibagian tengahnya sampai kedalaman setengah media tanam tersebut. beri air dan jangan lupa juga untuk melubangi plastik polybagnya dengan lidi. selanjutnya letakkan media tanam tersebut ditempat teduh dan tidak usah diberi pupuk dulu sampai akarnya keluar dan siap untuk dipindahkan kedalam pot utama anda.



Selanjutnya, setelah daunnya sudah muncul tiga lembar berarti tanaman mawar ini sudah siap untuk dipindahkan ke media tanam yang baru yaitu kedalam pot. Gunakan campuran kompos dan tanah dengan perbandingan 1:2. pindahkanlah stek tadi dengan cara merobek polybag tersebut tanpa merusak tanahnya lalu masukkanlah ke media tanam yang baru. karena mawar ini rentan terkena penyakit maka perlu diperhatikan tanda-tanda berupa karat pada daun dan juga bercak hitam yang muncul sebab dapat menyebabkan kerontokan pada daun mawar.

Jenis mawar memang akan mempengaruhi mudah tidaknya tanaman mawar itu dapat beradaptasi dengan lingkuanganya. Untuk mawar merah, jenis mawar ini banyak dipilih karena warnanya yang indah dan bahkan beberapa pendapat mengatakan mawar ini sebagai simbol kasih sayang. Bunga mawar merah ini juga mudah beradaptasi atau mudah dibudidayakan. Tentu saja bunga mawar ini akan membuat rumah anda terlihat lebih natural dan indah saat mawar yang anda tanam dapat tumbuh subur dan berbunga dengan indahnya. 

Baca juga:
Cara menanam bunga mawar yang selanjutnya yaitu dengan mencampurkan bahan-bahan yang sudah disiapkan. Campurkan tanah, pupuk kompos dan jika ada sedikit pasir maka akan lebih bagus. Masukkan campuran tersebut kedalam pot yang sudah disediakan, aduk sampai semua campuran rata. Penggunaan pasir disini hanya untuk campuran saja, jadi mungkin seperempat bagian dari ukuran tanah ataupun pupuk. Setelah bahan tercampur rata, masukkanlah batang bibit stek mawar yang anda siapkan. Tancapkan batang tersebut pada tanah yang sudah ada dalam pot. Setelah ditancapkan, siram dengan air. Siram sedikit saja, jangan terlalu banyak. Setelah itu cara menanam bunga mawar selanjutnya yaitu simpan tanaman anda tersebut pada tempat yang sejuk. Lebih bagus jika tidak terkena langsung sinar matahari.

Menyimpan tanaman anda di tempat yang gelap juga sangat disarankan. Ini agar tunas dari mata tunas tanaman mawar anda dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan mulai terangsang. Dengan begitu akar-akarnya akan mulai tumbuh mengikuti rangsangan yang diberikan. Periksalah beberapa hari sampai tanaman mawar anda tumbuh tunas, jika sudah tumbuh maka pindahkanlah tanaman mawar anda ke tempat yang lebih terang. Pada saat itu, tanaman mawar anda sangat membutuhkan sinar matahari sebagai proses awal fotosintesis. Siram tanaman mawar anda secara teratur. Sekian informasi mengenai cara menanam bunga mawar yang tepat, semoga bermanfaat.