Sukseskan hati dan pikiran anda untuk memulai berbisnis/ usaha

Sukseskan hati dan pikiran anda untuk memulai berbisnis/ usaha

Setiap orang, saya yakin pasti ingin menjadi lebih sukses dan kaya dari orang lain suatu hari nanti. Hari ini menngunakan sepeda, besok maunya bisa naik sepeda motor, besoknya lagi bisa naik mobil, besoknya mobil yang lebih banyak rodanya…truk misalnya, terus tronton tu apalagi ya......??/ atau mungkin kereta api kalau bisa...? hahahaha... Apapun namanya, perubahan itu pasti diharapkan lebih baik lagi dari sebelumnya. Mungkin menjadi seorang pengusaha  bukanlah impian setiap orang, tapi untuk menjadi sukses pasti keinginan semua orang. Untuk menjadi seorang sukses dan kaya ternyata tidak sesulit yang (khususnya) seperti yang kita bayangkan, asalkan percaya berusaha dan selalu berdoa, amiiiiinnnn.

Banyak orang yang berpikir, bahwa untuk menjadi sukses (menjadi kaya), tentu dapat diperoleh jika dapat membuka suatu usaha besar/ perusahaan yang akan sangat membutuhkan modal yang besar, hingga timbul istilah yang sedikit berbau sarkasme, “ yang kaya tambah kaya, yang miskin tambah anak”. Benarkah demikian...?? Apakah pengertian modal memang hanya seperti itu saja? Banyak orang hanya ,menerjemahkan modal itu hanya sebagai benda yang dapat dilihat dan dihitung saja. Malah lebih ekstrim lagi, ada yang mengatakannya, pokoknya uang uang uang ! Padahal ada faktor lain yang lebih penting yang merupakan sumber modal utama dari seorang entrepreneur, apa kah itu, langsung ke TKP coy, ini dia :

    1.    Harus mempunyai kemauan/ keinginan
Sebagai seorang entrepreneur, kita harus memastikan dengan jelas tujuan kita sehinga memutuskan untuk terjun ke dunia usaha. Ingat-ingat dengan jelas cita-cita tersebut. Jika perlu, catat dan tuliskan di tempat yang mudah kita lihat, agar setiap saat ia selalu dapat mengingatkan kita. Apa yang mebuat bertahan banyak orang dalam suasana badai adalah mereka memiliki kemauan dan keinginan yang kuat. Seorang yang ingin selamat dari arus sungai yang terjal, dia akan berenang bahkan meraih rumput sekalipun untuk bertahan agar tidak hanyut dan tenggelam. Keinginan yang membaja dalam benak setiap calon pengusaha adalah sebuah kekuatan internal yang lebih hebat dari kekuatan eksternal. Sifat inilah yang seharusnya kita miliki coy....., lanjut yang kedua yaitu:

      2.    Tekad yang bulat
Mulai menjalani dunia usaha tidak seindah seperti yang kita bayangkan. Apalagi pada tahap awal untuk merintis usaha. Seorang pemula harus siap dengan mental pantang menyerah, karena di depan mereka telah terbentang berbagai macam bentuk rintangan dan halangan. Bagaimana kita melihat rintangan tersebut, akan sangat mempengaruhi pembentukan mental baja kita. Rintangan yang dianggap sebagai hambatan cenderung akan meninggalkan jejak negatif didalam otak. Ini akan merangsang terbentuknya sikap-sikap negatip. Misalnya, seseorang yang melihat dana dan pendanaan sebagai rintangan maka dia akan cenderung menyalahkanketiadaan dana-lah yang mengahalanginya merintis sebuah kesuksesannya dari dunia bisnis. Ini berbeda jika dia melihat faktor modal sebagai tantangan. Dia akan sangat gigih berfikir dan bertindak untuk mendapatkan cara mendapatkan dana. Sikap mental inilah yang tidak mudah didapatkan oleh setiap calon pengusaha, namun sangat menentukan keberhasilan seseorang tersebut, amiennn. Lanjut ke tiga gan.....

3.    Keberanian mengambil peluang.
Keberanian yang dimaksud disini bukan nekat. Beda berani dan nekat adalah terletak pada penerapan nalar di dalamnya. Orang yang berani pasti memperhitungkan langkah-langkahnya dengan nalar dan naluri, sementara orang nekat cenderung berjalan dengan pertimbangan yang tidak jelas, meminimalkan peran akal dan pertimbangan. Seorang pemberani akan mempertimbangkan secara cermat, tepat dan cepat keuntungan dan kerugian yang akan muncul dengan membuat perencanaan yang sederhana kemudian menindak lanjuti perencanaan tersebut dengan aksi langkah pertamanya yang luar biasa dan optimis.

4.    Jangan cengeng dan tahan banting.
Tidak diragukan lagi bahwa kesuksesan tidak langsung didapat. Kesuksesan adalah puncak dari puluhan atau ratusan langkah perjalanan dari anak tangga yang sebut kegagalan. Memang sudah menjadi watak manusia, ketika dilanda kegagalan mental mereka akan turun dan jatuh. Calon pengusaha sukses mampu bangkit dari kegagalan dan terus bangkit, ia tidak akan menjadi cengeng dan meratapi kegagalan tersebut sebagai masalah atau kendala. Ia akan bangkit dan mulai melangkah walaupun harus memulai dari langkah pertama lagi. Semakin mampu bangkit dari banyaknya kegagalan semakin kuat pijakan mereka untuk berdiri di puncak kesuksesan. Tapi bagaimana jika gagal terus? Jawabannya mudah, seseorang yang pandai tidak akan terjebak pada kegagalan yang sama. Keberhasilan mengatasi kegagalan mengantarkan dia mendekati puncak kesuksesan.

Kata kuncinya... adalah : Kalau banyak keinginan harus banyak kemauan juga, jadi seimbang....jgn keinginannya banyak kemauannya sedikit....!! mau dalam artian luas, mau nyari ilmunya, mau nyari modalnya, pokonya mau melakukannya......heheh

Beberapa paktor yg bisa membuat maju dan sukses..
# Harus mempunyai kemauan/ keinginan
# Tekad yang bulat
# Keberanian mengambil peluang.
# Jangan cengeng dan harus tahan banting.
# Cari ilmunya.
# Selalu bersyukur apapun yg kita inginkan tidak semua bisa kita dapatkan.

# DUIT....Memang betul dan merupakan salah satu faktor pendukung, namun itu bukan yang utama. Jika beberapa factor tadi ada pada diri anda, saya yakin, akan ada banyak orang yang memiliki dana, namun tidak tahu bagaimana menggunakannya akan mendatangi anda. Karena dalam usaha apapun yang utama adalah bagaimana anda melaksanakannya (DO IT) bukan DUIT.

Semoga bermanfaat...salam..!!