Memulai Berhidroponik

Memulai Berhidroponik
Berikut adalah panduan sederhana untuk membantu rekan-rekan yang ingin memulai atau untuk  memahami manajemen dasar bercocok tanam dengan metode hidroponik.

Untuk memulainya…, mari kita pastikan kebutuhan dasar tanaman akan beberapa hal dibawah ini :
1.    Cahaya
2.    Air baku bersih yang tidak tercemar dan pastikan memiliki nilai PPM serendah mungkin
3.    Udara
4.    Mineral (Nutrisi) / pupuk khusus hidroponik
5.    Suhu yang tepat
6.    PH yang tepat

Cahaya
Tanaman memang membutuhkan cahaya…, namun untuk bagian nutrisi hidroponik tidak membutuhkan cahaya…. nutrisi hidroponik yang terbaik disimpan di tempat yang sejuk gelap dan tidak terpapar langsung cahya serta terik matahari… untuk menghidari suhu yang terlalu tinggi dan munculnya pertumbuhan gang-gang atau alga dalam sistem hidroponik rekan-rekan…. Alga tidak akan langsung membahayakan tanaman…, tetapi dapat mengurangi serapan mineral dari larutan nutrisi oleh tanaman dan menyebabkan nilai pH nutrisi naik atau turun dari kisaran optimum.





Air
Mulailah dengan air yang baik…. Jangan gunakan air baku atau air yang mengandung klor atau zat lain ( pencemar ) untuk mencampur nutrisi….
Air hujan biasanya memiliki kualitas baik dengan EC / PPM  rendah… namun pastikan sebelum digunakan air disaring dikhawatirkan banyak kotoran dari atap/ genting yang masuk terbawa ke penampungan… selain air hujan.., air terbaik lainya memiliki nilai EC/ PPM sekitar 15-60…, untuk melihat / mengetahui kualitas air baku rekan-rekan bisa menggunkan alat ukur EC meter atau TDS meter sebagai alat bantu uji air baku…jika tidak menemukan air yang cukup baik pastikan air baku tidak melebihi 150 PPM…

Mineral dan Nutrisi / pupuk
Selalu menggunakan nutrisi hidroponik… pastikan tidak menggunakan pupuk yang biasa digunakan untuk tanaman yang ditanam pada lahan tanah… Rekan-rekan bisa membeli nutrisi umumnya untuk metode Hidroponik… cari pemasok nutrisi hidroponik berkualitas... Jika  rekan-rekan ingin membuat atau mencampur nutrisi hidroponik sendiri…, carilah bahan-bahan utama yang baik dengan garam mineral " grade" atau "kelas pertanian".

Suhu yang tepat
Temperatur/ suhu  optimal untuk lingkungan maupun suhu larutan nutrisi ini akan berbeda untuk setiap jenis tanaman…. Namun pada umumnya tanaman akan membutuhkan suhu larutan nutrisi hidroponik diatas 18- 20 derajat C dan di bawah 28 derajat C

pH
Pengaturan pH adalah sangat penting dalam sitem hidroponik…. Jika pH nutrisi terlalu tinggi atau rendah dari kisaran optimum…, unsur hara tertentu pada nutrisi akan menjadi tidak tersedia untuk tanaman …. PH terbaik untuk setiap jenis tanaman bervariasi…, tapi rentang yang baik untuk kebanyakan tanaman hidroponik adalah 5,8-6,2….

Dalam rangka untuk mendapatkan hasil terbaik dari bercocok tanam dengan metode hidroponik…, Kita semua perlu belajar teknik serta praktek manajemen yang baik dari beberapa hal diatas….

Semoga bermanfaat…