Peluang Usaha Tanaman Hidroponik

Peluang Usaha Budidaya Tanaman Secara Hidroponik Murah dan Sederhana









Saya tertarik dengan pandangan di sekitar pinggiran kota banyak sekali petani sayuran yang memasok kebutuhan sayuran kota. Sepertinya saya senang dengan apa yang mereka kerjakan. Ya jika kita hanya melihat hasilnya saja memang senang dengan apa yang mereka kerjakan, namun jika kita melihat proses penanaman sampai pemeliharaannya mungkin kita akan berfikir dua kali untuk membeli hasil pertanian tersebut, kenapa begitu..... ya karna dari awal pengolahan tanah mereka menggunakan tinja manusia yang di sedot dengan mobil septy tank kemudian di alirkan ke ladang pertanian mereka untuk alasan organik dan menyuburkan tanah. Hemmm menakutkan bukan, yahhh tapi seperti itulah kenyataanya. air yang biasa dipergunakan untuk menyiram tanaman juga umumnya berasal dari air kali yang telah tercemar limbah-limbah berbahaya. Berpikir sejenak tidak adakah cara agar para petani tersebut dapat memproduksi dan menghasilkan hasil pertanian yang ramah lingkungan, bersih dan layak untuk di makan semua orang...

Tanpa basa-basi saya mencari cara agar mereka bisa memahami tentang pertanian yang murah, sederhana namun memiliki kualitas yang baik dan layak dimakan bagi kita manusia, ya HIDROPONIKHidroponik jika pertama kali kita dengar memang akan terkesan mahal dan eksklusif. Sistem budi daya hidroponik memang awalnya dikembangkan/ dipergunakan untuk sistem pertanian modernisasi, hal ini di lakukan untuk menghasilkan produk pertanian dengan kualitas bagus dan layak dikonsumsi manusia karna tanpa menggunakan tanam sebagai media tanamnya. Namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan Budidaya Tanaman secara hidroponik dapat dilakukan dengan biaya yang murah dan sangat sederhana.

Beberapa Alasan menggunakan sistem pertanian hidroponik.
Hidroponik merupakan sistem pertanian masa depan, masa depan dikarenakan di masa depan nanti lahan untuk pertanian akan terlindas dengan gedung-gedung tinggi pecakar langit. Dengan pertanian dengan sistem hidroponik maka kita dapat membuatnya di berbagai tempat, baik itu di desa, di kota, di lahan terbuka, atau bahkan di atas lahan beton sekalipun. 

Keunggulan Hidroponik adalah tidak akan mengenal musim, mau hujan ato tidak, sepanjang tahun petani dapat memproses dan memproduksi hasil pertanian. Memiliki Jaminan pasokan dan rutinitasnya memasok kebutuhan pasar, sehingga petani dapat mengatur jenis maupun kuantitas produksi untuk mencegah jatuhnya harga produk-produk pertanian. Oleh karena itu, harga jual hasil panennya tidak akan dikhawatirkan akan jatuh.

Pemeliharaan tanaman hidroponik pun lebih mudah karena tempat budi dayanya relatif bersih, media tanamnya steril, dan tanaman terlindung dari terpaan hujan. Serangan hama dan penyakit relatif kecil jika mengunakan green house. Tanaman lebih sehat, lebih vigor, dan produktivitas lebih tinggi. Mutu dan kualitas hasil tanaman hidroponik juga lebih bagus. Itulah sebabnya harga jualnya lebih tinggi. Hal ini terjadi karena lingkungan yang bersih dan terpenuhinya suplai asupan unsur hara sesuai dengan kebutuhan tanaman tersebut. Bahkan, dapat pula diusahakan memiliki rasa buah yang lebih manis, misalnya dengan menambahkan atau meningkatkan jumlah dosis unsur hara tertentu. Kelebihan yang lain, komoditas yang dihasilkan akan cenderung lebih tahan lama, misalnya pada tomat hidroponik lebih keras dan lebih tahan lama (tidak mudah busuk).

Bagi penggemar dan pecinta sayuran organik, hidroponik merupakan jawaban yang tepat. Selain itu, lingkungan yang bersih dan media tanam yang steril merupakan jaminan yang rasional untuk tidak menggunakan pestisida. Kalaupun terpaksa, ada altematif pilihan yaitu dengan penggunaan pestisida nabati atau biopestisida.

Alasan-alasan tersebut dapat di gunakan sebagai dasar pengembangan sistem budidaya pertanian secara hidroponik. Penggunaan sistem hidroponik mendorong peningkatan efisiensi dan efektivitas pertanian terlebih untuk para petani kecil yg tidak memiliki lahan luas. semoga bermanfaat...!