Cara Bertanam Hidroponik dengan sistem sumbu























Pada dasarnya ada enam jenis sistem hidroponik, yang  termasuk diantaranya yaitu Wick (sumbu), sistem Wick adalah jenis yang paling sederhana....Ini adalah sistem pasif, mengapa... ini dikarena sistem ini tanpa perlu perlengkapan tambahan seperti pompa dll....Wick sistem adalah  sebuah solusi pemberian nutrisi  lewat media tumbuh tertentu melalui Sumbu yang digunakan sebagai reservoir...Sistem ini dapat menggunakan berbagai media tanam, misalnya kerikil pasir, sekam bakar, dan serat/ serbuk kulit buah Kelapa. Seperti dengan sistem hidroponik lainnya, sistem sumbu meskipun sederhana, namun tidak memiliki kelebihan dan kekurangan....Mungkin kelemahan terbesar adalah tanaman yang lebih besar atau yang memerlukan sejumlah besar air dapat menyerap larutan nutrisi lebih cepat dan air akan cepat sekali habis sehingga kita harus sering mengisi ulang air tersebut.

Sistem hidroponik sumbu yang digunakan, akar tanaman tidak langsung dicelupkan ke dalam air,...melainkan mereka tumbuh dalam beberapa bahan seperti rockwool atau sabut kelapa. Sebagaimana yang disebutkan di atas,...sistem hidroponik sumbu adalah pasif itu artinya tidak ada energi/ listrik yang  digunakan untuk memberikan solusi nutrisi pada tanaman.

Dalam sistem sumbu,  tingkat penyiraman dikendalikan oleh tanaman itu sendiri dalam menyerap air yang berada disumbu. Sederhananya,...ujung ekor sumbu ditempatkan dalam reservoir yang sudah berisi larutan nutrisi (hidroponik). Ujung lain dari sumbu ditempatkan dalam media tanam dan diharuskan lebih dekat ke akar tanaman. Karena tanaman membutuhkan lebih banyak air dan nutrisi, maka disusun sumbu ke penahan air ke media tanam oleh tindakan kapiler. Dengan demikian tanaman mengambil  larutan nutrisi  dari ujung2 sumbu dan media tanam yang terlewati oleh sumbu akan menjadi lembab.


Baca juga:


Dengan sistem hidroponik sumbu, sebagai reservoir akan habis,...dapat diisi lagi dengan menggunakan tangan/manual. Hal ini tidak perlu lagi menggunakan pompa seperti yang dilakukan dalam sistem hidroponik lainya. Hal ini memungkinkan untuk membuat sistem hidroponik sumbu dengan buatan sendiri dan dengan cara cepat dan ekonomis. Selain itu,...media tumbuh terus-menerus mendapat pasokan air membuat sistem sumbu hidroponik nyaman untuk sekala rumahan dan  yg sibuk dengan rutinitas sehari hari...tapi masih bisa bercocok tanam karena tidak menjadi repot dengan masalah penyiramannya itu sendiri.

Kenyataannya masih tetap melalui, bahwa sistem hidroponik sumbu telah memungkinkan bagi para petani tanaman untuk mengadopsi cara sederhana, efisien biaya berkebun hidroponik...Semoga bermanfaat.