effesiensi pemakaian pupuk cair organik (EM4)


Mahalnya harga pupuk organik yang beredar dipasaran membuat para petani-petani enggan untuk menggunakan pupuk organik. Permasalah ini muncul karena kebutuhan pupuk organik yang cukup banyak untuk mencukupi kebutuhan lahan yang luas pula. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan proses kulturisasi mikroorganime (EM4) yang terkandung didalam pupuk organik. 

Proses kulturisasi merupakan proses perbanyakan jasad renik pada suatu zat makanan, dengan mencukupi kebutuhan zat makanan bagi bakteri atau mikroorganisme tersebut maka mikroorganisme akan tumbuh dan berkembangbiak secara optimal, hingga nantinya dapat menggantikan fungsi dari bakteri yang tidak berkembang ditanah. Mikroorganime yang dapat di aplikasikan ke lahan pertanian dapat memperbaiki sifat fisika, kimia dan biologi tanah. Dengan peran mikroorganime berupa (EM4) didalam tanah yang optimal, maka diharapkan proses piramida makanan dapat berjalan dengan baik.
Yang perlu diperhatia dalam proses kulturisai bakri adalah bagaimana kita bisa menjaga kebersihan dan higienisitas alat dan bahan yang akan kita gunakan untuk proses kulturisasi, untuk memastikan semua bahan steril maka bahan-bahan diatas berupa air, dedak padi, gula merah dimasak terlebih dahulu hingga air mendididh, dan penambahan starter bakteri yang kita ambil dari pupuk organik dapat dilakukan setelah camouran bahan dingin setara dengan suhu ruang.