Cara Kerja Dekanter


Decanter 3 phase berfungsi untuk memisahkan limbah cair pabrik kelapa sawit (LCPKS) menjadi sludge, minyak dan air. Proses pemisahan dilakukan dengan menggunakan gaya sentrifugal. Adapun cara kerja decanter 3 phase dapat dijelaskan melalui proses-proses dibawah ini.






Cara kerja decanter 3 phase:
  1. LCPKS masuk ke decanter 3 phase melalui pipa penghubung yang berada didalam batangan screw decanter dengan laju alir 0.8 m3/ jam .
  2. LCPKS dipaksa keluar melalui lubang yang berada di batangan screw akibat adanya tekanan dari pompa.
  3. Dengan kecepatan sentrifugal motor 50 rpm dan back motor 60 rpm, decanter 3 phase memisahan LCPKS antara fraksi padat dan fraksi cair. Fraksi padat/ sludge akan menempel pada dinding dekanter karena sludge memiliki densitas yang lebih tinggi dari  fraksi cair.
  4. Sludge didorong oleh screw ke bagian kerucut decanter lalu sludge  akan keluar melalui output sludge. Air yang terikut bersama sludge akan terhalang dengan plat yang memisahkan antara bagian kerucut dan bagian datar screw.
  5. Fraksi cair kemudian keluar melalui lubang-lubang yang ada pada bagian ulir screw dan melewati screw lagi (screw ini lebih rendah dari screw utama). karena minyak memiliki berat jenis lebih rendah, maka minyak akan terbawa oleh screw ke oil separator.

Didalam oil separator, selanjutnya minyak yang masih memiliki kandungan air akan dipisahkan berdasarkan perbedaan berat jenis cairan.  Air yang memiliki berat jenis yang lebih tinggi akan berada di lapisan bawah sedangkan minyak berada di lapisan atas. Saat minyak mencapai batas ketinggian yang ditentukan, oil separator secara otomatis akan mengalirkan minyak ke bak penampungan Sedangkan air limbah dialirkan menuju pretreated cooling pond.